Kota Tegal – Kebakaran di tempat hiburan New Orange Karaoke Kota Tegal pagi tadi menewaskan enam wanita pemandu lagu atau lady companion (LC). Api pertama kali muncul di lantai tiga. Berikut kronologi peristiwa tersebut.

Kronologi

Tempat hiburan New Orange Karaoke ini berada di Jalan Veteran, Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Berikut kronologi kebakaran di tempat karaoke tersebut.

Pukul 08.30 WIB

Pemilik karaoke New Orange, Ponco Diyono mengatakan api berasal dari lantai tiga di atap musala. Api muncul sekitar pukul 08.30 WIB saat para LC dan karyawan sedang tidur. Tidak lama, muncul asap hitam membubung.

“Sekitar jam 08.30 ada api. Saya lihat kepulan asap muncul tapi apinya tidak ada,” ujar Ponco kepada wartawan, Senin Senin (15/1/2024).

Kejadian ini kemudian dilaporkan ke kantor Damkar.

Pukul 09.00 WIB

Beberapa armada damkar kemudian tiba di lokasi pada pukul 09.00 WIB.

Ponco mengakui bangunan miliknya kurang memiliki ventilasi sehingga asap tidak bisa keluar. Kepulan asap di dalam dan memenuhi seisi ruangan.

Pukul 12.00 WIB

Api dan asap baru hilang sekitar pukul 12.00 WIB. “Saya yang minta supaya dijebol paksa biar ada lubang,” lanjutnya.

Tim Inafis dan Labfor Polda Jateng Olah TKP

Untuk mengetahui penyebab kebakaran ini, Tim Inafis dan Labfor Polda Jateng didatangkan untuk melakukan olah TKP. Mereka tiba dilokasi kejadian, Senin (15/1) siang.

Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Jateng, AKBP Agus Endro Wibowo mengatakan, hasil pemeriksaan sementara titik api diduga dari atas musala akibat korsleting. Api dari arus pendek ini membakar atap atau plafon musala.

Meski menyala, apinya tidak menjalar melainkan hanya mengeluarkan asap pekat. Hasil olah TKP, bangunan fisik gedung karaoke yang terbakar hanya sedikit.

“Banyak asap tebal kemungkinan itu dari kabel-kabel yang terbakar sehingga baunya menyengat,” kata Endro.

Olah TKP dilakukan oleh Subdit 1 Ditreskrimum Polda Jateng, Tim Inafis Polda dan Tim Labfor. Menurutnya, tim sudah membawa barang bukti yang akan dianalisa di Labfor.

“Kami sudah mengamankan barang bukti yang nanti akan dianalisa di Labfor,” ujarnya.

6 LC Tewas

Jumlah korban tewas dalam peristiwa kebakaran tempat hiburan New Orange Karaoke di Kota Tegal dilaporkan sebanyak enam orang. Mereka adalah para pemandu lagu atau LC yang bekerja di tempat karaoke tersebut.

Enam korban itu sekarang sudah berada di kamar jenazah RSUD Kardinah, Kota Tegal.

“Jumlahnya enam yang meninggal dunia, semuanya wanita. Satu sudah teridentifikasi karena ada keluarganya yang datang,” kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kardinah, dr Lenny Harlina Herdha Santi saat ditemui di RSUD Kardinah, Senin (15/1) siang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Zaenal Abidin menjelaskan para korban tewas ini diduga karena sesak napas akibat gas CO2.

“Meninggal dunia ada enam orang. Sesak napas atau tewas karena kelebihan CO2. Jadi sejak dibawa ambulans sampai rumah sakit sudah meninggal dunia,” kata Zaenal Abidin.

sumber : detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng