Berita

Tol Semarang-Demak Seksi 1 Terkendala Pembebasan Lahan, Presiden Jokowi Janji Selesaikan

SEMARANG, Jateng Jalan Tol Semarang – Demak Seksi 1 hingga kini masih terkendala pembebasan lahan.

Hal itu berbeda dengan Jalan Tol Semarang – Demak Seksi 2 yang pembangunannya sudah rampung.

Bahkan, Sabtu (25/2/2023) diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat peresmian itu, ada sejumlah warga yang menyampaikan persoalan yang dialami langsung kepada Presiden Joko Widodo. Persoalan yang disampaikan itu terkait dengan urusan proses pembebasan lahan untuk jalan Tol Semarang – Demak Seksi 1.

Meski begitu, proses peresmian jalan Tol Semarang Demak seksi 2 berjalan lancar.

Jokowi mengatakan infrastruktur sepanjang 16,01 kilometer ini dibangun dengan biaya Rp5,9 triliun. Menurutnya infrastruktur itu tidak hanya mempercepat transportasi logistik tetapi juga sekaligus bermanfaat sebagai tanggul laut yang dapat mencegah banjir rob.

“Saya juga sangat menghargai Jalan Tol Sayung-Demak yang telah dibangun ini, karena yang kedua ini juga sekaligus sebagai tanggul laut.” Kata Presiden Indonesia.

Menurut Jokowi, Tol Semarang Demak ini, setidaknya bisa mengurangai rob yang kerap terjadi di pesisir utara pulau jawa.

“Rob yang ke depan menurut saya akan semakin jauh dan levelnya akan semakin tinggi masuk ke daratan karena perubahan iklim, itu sedikit bisa kami cegah dengan fungsi jalan tol sekaligus tanggul laut dari jalan yang telah dibangun ini,” ujarnya.

Sebagai infrastruktur logistik, dia  mengharapkan jalan tol ini dapat disambungkan dengan sentra-sentra produksi dan industri yang ada di sekitarnya.

“Saya hanya ingin mengingatkan kembali bahwa seluruh jalan tol yang telah selesai di tanah air, agar gubernur, bupati, wali kota segera menyambungkan, mengintegrasikan dengan kawasan-kawasan produksi yang ada di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Presiden meyakini tersambungnya antarkawasan mulai dari kawasan industri, pertanian, perkebunan, hingga pariwisata akan mendorong efisiensi sekaligus meningkatkan daya saing Indonesia.

“Sehingga manfaat jalan tol betul-betul akan memberikan kecepatan, baik dalam transportasi logistik maupun dalam membawa produk-produk produksi dari pertanian, perkebunan, dan dari kawasan-kawasan industri yang kita miliki. Sehingga dengan kecepatan itulah efisiensi, daya saing, competitiveness kita kita miliki,” tandasnya.

Diketahui, Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,40 kilometer yang dibangun dalam dua seksi melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Untuk Seksi 1 ruas Semarang/Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 km merupakan porsi pemerintah dengan alokasi anggaran sebesar Rp10 triliun yang bersumber dari APBN.

Sementara, Seksi 2 ruas Sayung-Demak sepanjang 16,01 km merupakan porsi badan usaha jalan tol (BUJT) yang dilaksanakan oleh PT PP-PT WIKA Konsorsium serta konsultan perencana PT Maratama-Studi Teknik (KSO) dengan konsultan supervisi PT Virama Karya (Persero) dengan nilai investasi Rp5,93 triliun.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah Jokowi yang mau menemui perwakilan masyarakat yang merasa belum puas terkait proyek Tol Semarang – Demak.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan akan menyelesaikan persoalan secepatnya. Keluhan masyarakat sudah ditampung Jokowi dan disampaikan kepada menteri terkait.

“Tadi sudah ditemui dan Presiden mengatakan akan diselesaikan. Keluhan sudah ditampung dan langsung ditugaskan kepada para menteri. Insyaallah akan segera dibereskan,” ucapnya.

Seperti diketahui, Jalan Tol Semarang-Demak Seksi I belum rampung dikerjakan. Jalur tol yang dibangun di atas laut itu terkendala pembebasan lahan milik warga.

Warga tak mau jika lahan mereka dianggap hilang, meskipun kenyatannya lahan di sana sudah tidak terlihat lagi karena tertutup air laut.

Pemerintah masih berupaya mencari jalan tengah. Sejumlah mekanisme sedang digodok untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Presiden mengatakan akan diselesaikan. Nanti kami bantu,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunmuria.com

 

#POLDA JATENG, #JATENG, #JAWA TENGAH, #HUMAS POLRI, #DIVHUMAS, #POLRI, #PRESISI, #POLRESTABES SEMARANG, #POLRES REMBANG, #POLRES DEMAK, #POLRES BANJARNEGARA, #POLRES PATI, #POLRES SEMARANG, #POLRES BATANG, #POLRESTA CILACAP, #POLDA KALBAR, #KALBAR, #POLDA BENGKULU, #BENGKULU, #SEMARANG, #PATI, #DEMAK, #BANJARNEGARA, #BATANG, #CILACAP, #UNGARAN

Ikuti berita terkini di Google News, klik di sini.

Related Posts