Banjarnegara – Polres Banjarnegara melakukan pengamanan dan pengaturan kegiatan salat Idul Fitri 1445 Hijriyah di Wilayah Banjarnegara, Rabu (10/2/2024).

Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso, SH, SIK, MH mengatakan, pengamanan kegiatan dilakukan guna mengantisipasi gangguan stabilitas kamtibmas, dimana pada perayaan Idul Fitri 1445 H ini, sedikitnya ada lebih dari 2.000 titik pelaksanaan salat id di Kabupaten Banjarnegara hal ini menjadi yang terbanyak di wilayah Jawa Tengah.

“Ada lebih dari 2.000 titik, dan ini menjadi yang terbanyak di Jawa Tengah. Sehingga kami menyiapkan pengamanan khusus. Semua anggota Polres Banjarnegara, baik yang mendapatkan surat perintah maupun tidak, tetap menggunakan seragam saat melaksanakan salat Idul Fitri,” katanya di Mapolres Banjarnegara.

Ia menjelaskan, pengamanan dilakukan dengan melibatkan personel Polres Banjarnegara
bersama instansi terkait untuk mengamankan jalannya kegiatan tersebut.

“Kita libatkan personel gabungan baik itu Reskrim, Lalu lintas, Samapta, Intelijen, Provos serta anggota polsek untuk melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas,” ujarnya.

Menurut dia, pengamanan dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman selama kegiatan berlangsung guna mengantisipasi kerawanan, maka diperlukan upaya preventif guna mencegah gangguan Kamtibmas selama kegiatan berlangsung.

“Personel melakukan pengamanan dan pengawasan untuk melakukan tindakan awal apabila ada kejadian yang dapat menggangu stabilitas Kamtibmas,” ucapanya.

Pengamanan dilakukan, lanjut dia, agar tercipta situasi yang aman, kondusif dan antisipasi berbagai tidak kejahatan.

“Sebagai upaya Kepolisian dalam memberikan jaminan keamanan selama kegiatan berlangsung,” ucapnya.

Adapun pengaturan lalu lintas, lanjut dia, dilalukan untuk menekan kerawanan Kamtibmas dan kamseltibcarlantas.

“Sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan serta meminimalisir angka kemacetan dalam berlalu lintas,” bebernya.

Selain itu, kata dia, sebagai upaya kepolisian meminimalisir kemacetan dan kecelakaan lalu lintas dijalan.

“Sehingga masyarakat lebih waspada dan berhati-hati dalam berkendara,” ucap dia.

Ia menjelaskan, kegiatan pengamanan rangkaian hari raya idul fitri ini, juga dalam rangka operasi ketupat candi 2024 yang dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 4 sampai 16 April 2024 dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif yang didukung kegiatan penegakan hukum, humas dan bantuan operasi.

“Operasi Ketupat Candi 2024 adalah operasi terpusat untuk pengamanan mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dengan tema mudik ceria, mudik penuh makna”, ujarnya.

Ia menambahkan, personel gabungan dari TNI, Polri, pemda dan relawan yang ada di Banjarnegara siap dalam pengamanan sehingga rangkaian kegiatan masyarakat, baik beribadah, mudik dan berwisata dapat berjalan dengan aman, nyaman dan kondusif.

“233 Personel Polri, 20 TNI, dan 68 instansi terkait operasi ini dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas dan kamseltibcar lantas yang kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat dapat dalam menjalankan ibadah puasa, mudik lebaran dan merayakan idul fitri,” tandasnya.

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama