REMBANG – Hujan deras yang mengguyur Desa Pakis Kecamatan Sale Kabupaten Rembang pada Selasa (9/1/2023) mengakibatkan tebing setinggi sekira 10 meter longsor. Akibat peristiwa itu, satu rumah warga setempat ambruk tertimbun material longsor.

Rumah yang ambruk diketahui milik Hakim Maulani, warga setempat.

Kepala Desa Pakis, Sholikin dalam keterangannya membenarkan kejadian tersebut.

“Telah terjadi longsor di Desa Pakis, Sale. Rumah yang roboh milik Hakim Maulani tertimpa longsoran,” terangnya, Selasa (9/1/2023) malam.

Sholikin menjelaskan musibah bermula saat hujan lebat terjadi di Desa Pakis pada Selasa. Akibat hujan deras, tebing setinggi sekira 10 meter yang berada di sebelah rumah korban longsor.

“Karena seharian ini Pakis diguyur hujan, tebing yang berada disebelah rumah Mas Hakim yang tingginya ditaksir sekitar 8-10 meteran longsor. Akibatnya Rumahnya ambruk,” imbuhnya.

Sholikin menambahkan, sebenarnya kondisi tebing sudah ditalud

“Tapi mungkin karena intensitas airnya tinggi sehingga terjadi kejadian musibah tersebut,” tandasnya.

Hingga Selasa malam, material longsoran yang menimpa rumah tersebut belum dibersihkan karena kondisi masih gerimis. Warga sekitar masih fokus mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselamatkan.
Pemerintah Desa Pakis berjanji akan memberikan bantuan untuk korban melalui dana desa.

“Insyaallah Dana Desa ada anggaran untuk membantu melalu Dana Darurat Bencana Alam dan Non-Alam, tapi Dana Desa baru bisa dicairkan sekira Maret – April. Mungkin ada instansi yang bisa segera menyalurkan bantuan sosial, kami akan sangat berterimakasih,” pungkasnya.

Tim BPBD Kabupaten Rembang pada Selasa malam juga langsung turun ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan darurat serta berkoordinasi dengan pihak desa untuk membantu korban.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

 

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kompol Joko Lelono, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng