BeritaHukum

Tahun 2022, 27.401 Sertifikat Tanah Diterbitkan Kantor Pertanahan Banjarnegara

Banjarnegara – Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara telah menerbitkan 27.401 sertifikat tanah dalam program Pelaksanaan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di tahun 2022.

Kepala Kantor Pertanahan Banjarnegara, Nurdin Karepesina menyampaikan, dari kementerian ATR/BPN, Kabupaten Banjarnegara pada tahun ini ditargetkan Peta Bidang Tanah (PBT) sebanyak 40.973 bidang.

“Dari target tersebut, sebanyak 27.401 Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) sudah kita selesaikan pemberkasannya per tanggal 15 Desember 2022,” terangnya saat kegiatan Penyerahan Sertifikat PTSL, Wakaf, Lintas Sektor, Aset Pemdes dan Pemda di Pendapa Dipayudha Adigraha, Senin (26/12).

Harapan Nurdin, melalui program PTSL 2022 ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam mempermudah pengurusan sertifikat tanah.

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kantor Pertanahan Banjarnegara.

Tri Harso menilai dengan adanya sertifikat tanah maka akan memberikan kepastian serta jaminan hukum sehingga konflik dan sengketa soal tanah bisa diantisipasi.

“Kami juga berharap dengan program PTSL ini akan mengoptimalkan pemanfaatan tanah dan tanah bisa digunakan sebagaimana peruntukannya,” tuturnya

Lebih lanjut dia menyampaikan, wilayah Kabupaten Banjarnegara cukup luas, ada 266 desa dan 12 kelurahan. Sedangkan baru 78 desa terdaftar lengkap program PTSL.

“Ke depan perlu kita tindak lanjuti agar bisa dilaksanakan di seluruh desa di Banjarnegara. Kami mengimbau para kades dan lurah bisa menyukseskan program ini,” ungkapnya. 

#Polres Banjarnegara

Related Posts