SEMARANG Tim Satgas Pangan Polri bersama Satgas Pangan Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah melakukan pengecekan ketersediaan dan distribusi beras di Kota Semarang, Kamis, 22 Februari 2024.

Ketua Tim Satgas Pangan Pusat wilayah Jateng, Kombes Eka Mulyana mengatakan pengecekan dan monitoring ini dilaksanakan untuk menjamin kestabilan dan ketersediaan barang kebutuhan pokok terutama beras di pasar.

“Kami dari Satgas Pangan Pusat bersama Satgas Pangan Ditreskrimsus Polda Jateng melaksanakan monitoring ke pasar induk, pasar tradisional, retail modern serta gudang Bulog untuk memastikan kestabilan, kelancaran dan ketersediaan barang kebutuhan pokok beras baik medium maupun premium menjelang puasa dan lebaran,” jelas Kombes Pol Eka Mulyana.

Sementara itu Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagio menyampaikan Tim Satgas Pangan Polda Jateng dan pusat telah melakukan monitoring terkait ketersediaan dan distribusi beras di Pasar Dargo, Pasar Peterongan, Pasar Bulu dan Gudang Bulog Kota Semarang.

Juga melaksanakan pengecekan di gudang Bulog Palebon Kota Semarang untuk memastikan ketersediaan stok beras.

Di gudang beras Palebon didapati stok beras sebanyak 2.665 ton dan masih dalam kategori aman.

“Kami melakukan monitoring dibeberapa pasar tradisional terkait dengan beredarnya informasi melambungnya harga dan kelangkaan beras. Dari hasil monitoring, tidak ada kelangkaan terutama beras SPHP, namun stok persediaan di pasar tradional masih kurang,” jelas Kombes Pol Dwi Subagio

Satgas juga telah ke beberapa tempat untuk meminta klarifikasi mengenai penyimpanan beras.

Daerah yang sudah dilakukan klarifikasi ada di Grobogan dan Demak.

“Ada beberapa tempat yang kita minta klarifikasi untuk melihat kesesuaian aturan dan penyimpanannya dan sudah ke Grobogan Demak tapi sementara kami belum menemukan adanya penimbunan,” ungkapnya.

Kasubdit I / Indagsi Ditreskrimsus Polda Jateng AKBP Rosyid Hartanto menambahkan, selain di pasar tradisional dan gudang beras, Tim Satgas Pangan Polri juga melakukan monitoring di pasar swalayan di Kota Semarang.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono