SEMARANG – Sejumlah orang yang mengatasnamakan Relawan Sahabat Luthfi Jawa Tengah mendeklarasikan dukungan terhadap Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, sebagai bakal calon gubernur Jateng, Senin (3/6/).

Deklarasi dukungan ini dihadiri pula Ketua Pembina DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI), M Farchan.

Koordinator Sahabat Luthfi Jateng, Lukni Maulana mengatakan, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menghadirkan kepemimpinan berkualitas, berintegritas, dan membawa perubahan nyata bagi masyarakat.

“Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan rekam jejak yang bersih, dan komitmen yang teguh terhadap kepentingan rakyat, merupakan sosok yang kami yakini dapat mewujudkan visi dan misi untuk memajukan Jawa Tengah ke arah lebih baik,’’ seru Lukni saat membacakan deklarasi dukungan kepada Kapolda Jateng itu.

Sementara itu, M Farchan, mengaku tertarik mengusung Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jateng 2024. Farchan juga mengaku partainya, telah menjalin komunikasi dengan Ahmad Luthfi.

‘’Saya harap deklarasi ini bisa mendorong Ahmad Luthfi maju di Pilgub Jateng, dan menggerakan warga Jateng untuk mendukung Luthfi maju dalam kontestasi Pilgub,’’ katanya.

Menurutnya sejauh ini, PSI belum menetapkan [calon gubernur], tapi mulai memanaskan mesin partai. Dari hasil diskusi, pihaknya menemukan satu sosok yang pas, yakni Ahmad Luthfi.

Farchan juga menilai Ahmad Luthfi merupakan sosok yang pas memimpin Jateng. Hal itu dikarenakan Luthfi telah berpengalaman sebagai Kapolda Jateng dan juga pernah menjabat pimpinan di sejumlah institusi kepolisian di wilayah Jateng, salah satunya Kapolresta Solo.

‘’Pak Luthfi sudah teruji jam terbangnya, dari Kapolres sampai Kapolda, saya belum pernah tahu dia bersikap represif kepada masyarakat. Dan beliau bisa mengedepankan bimnas secara baik. Hubungannya dengan daerah juga bagus, termasuk pusat,’’ katanya.

Deklarasi tersebut juga dihangatkan dengan diskusi bertema ‘’Lika-liku Luthfi’’. Sebagai pembicara M Farchan, pengamat politik Universitas Diponegoro, Wachid Abdulrahman, dan budayawan Beno Siang Pamungkas.

Sampai saat ini, Ahmad Luthfi belum menyatakan secara tegas sikapnya untuk mengikuti kontestasi Pilgub Jateng 2024.

Namun, pada tahun ini dia memasuki masa pensiun.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono