REMBANG – Dirpolairud Polda Jawa Tengah Kombes Pol Hariadi, S.H.,S.I.K. mengukuhkan Relawan SAR “Arnavat” dari 2 (Dua) Polres yaitu, Polres Rembang dan Polresta Pati pada Kamis (13/6/2024) bertempat di Pantai Karangjahe Beach Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Rembang AKBP Suryadi, S.I.K.,M.H., Wakapolresta Pati AKBP Dandi Ario Yustiawan, S.H., PJU Dit Polairud Polda Jateng, PJU Polres Rembang bersama jajaran Satpolairud dan relawan Sar Arnavat masing-masing Polres yang di kukuhkan.

Dalam sambutanya Kombes Pol Hariadi, S.H.,S.I.K. mengungkapkan kegiatan apel yang sekaligus pengukuhan Relawan Sar Arnavat Sat Polairud tersebut bertujuan untuk membantu jajaran Kepolisian khususnya Polairud di wilayah yang dinilai masih kekurangan personel dalam membantu gangguan Kamtibmas maupun darurat bencana serta kecelakaan perairan di wilayah masing masing.

Dirpolairud menyebutkan bahwa angka kecelakaan laut di Jawa Tengah pada satu tahun terakhir masih tergolong tinggi. Berdasarkan data, terdapart kapal hanyut tenggelam sekitar 40 kasus. Orang tenggelam karena wisata ada 38 kejadian. Selanjutnya kasus lain orang meninggal dunia diatas kapal hampir 80 kejadian serta total orang meninggal dunia di laut berkisar antara 125-130 orang.

“ Oleh karena itu, kita bentuk Relawan Sar Arnavat Sat Polairud dengan tujuan untuk membantu rekan-rekan Polairud di wilayah. Dikarenakan di wilayah itu personil Polairud kurang lebih hanya 15-20 personil,” ungkap Kombes Hariadi.

Dir Poalirud Kombes Hariadi juga menyebut bahwa Relawan Sar Arnavat tersebut telah dibekali dan diberikan materi pengetahuan dasar tentang bagaimana cara penanganan dalam membantu evakuasi saat terjadi kecelakaan laut dengan harapan nantinya pada saat dibutuhkan bisa langsung menerapkan apa yang sudah diajarkan dan dapat membantu proses jalannya evakuasi.

“ Selain untuk tugas-tugas kemanusian, relawan juga bisa membantu dalam memelihara kamtibmas di daerah pesisir, sehingga akan meringankan tugas Polairud yang keterbatasan anggota,” terangnya.

Sementara itu, kepada jajaranya Dirpolairud Kombes Hariadi menekankan dalam rangka antisipasi kecelakaan laut dan perairan untuk meningkatkan patroli di wilayah perairan terutama pada saat hari libur serta mensiagakan peralatan Polairud pada obyek-obyek wisata.

Selaian itu kepada jajarannya, diminta untuk selalu meningkatkan ketrampilan dan kemampuan SAR kepada relawan dan tetap menjaga sinergitas dengan instansi terkait dan potensi SAR yang ada.

“ Tingkatkan keterampilan rekan-rekan Polairud, pegang teguh ikrar dan landasi kegiatan dengan ikhlas untuk menolong sesama,” pungkas Kombes Hariadi.

HUMAS POLRES REMBANG

 

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kompol Joko Lelono, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Nanang Haryono