BANJARNEGARA –  Mengantisipasi kerawanan gangguan kamtibmas pada masa kampanye Pemilu, Polsek Sigaluh menggelar razia knalpot brong di lingkungan SMAN 1 Sigaluh.

Knalpot brong merupakan knalpot tidak standar yang menimbulkan suara bising. Sebelumnya, mereka melakukan sosialisasi di kelas-kelas, mengenai larangan pemakaian knalpot brong bagi kendaraan bermotor, Rabu (10/1/2024).

Memurut Kabanit Binmas Polsek Sigaluh Aipda Erlang Septi Cahyani yang memberikan sosialisasi, kegiatan ini mengacu pada Maklumat Kapolda Jateng nomor Mak/1/X/2023.

Maklumat tersebut mengacu pada UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Jadi tidak hanya knalpot brong, namun juga motor tanpa spion, tanpa plat nomor dan lain-lain yang melanggar pasal 285 ayat 1 akan kita tindak,” jelas Erlang.

Namun karena ini di lingkungan pendidikan, tambah Erlang, pihaknya tidak melakukan Tindakan Langsung (Tilang), namun memberi kesempatan siswa untuk memperbaiki motornya yang tidak sesuai standar.

“Kami beri waktu 1 kali 24 jam, jika besok masih kami temui motor yang tidak standar, maka tentu akan kami Tilang, kami bawa ke Polsek Sigaluh,” tandas Erlang.

Kepala SMAN 1 Sigaluh Antono Aribowo melalui Wakasek Humas Heni Purwono mengaku senang dan mendukung dengan apa yang dilakukan pihak kepolisian.

Menurutnya hal tersebut justru akan menjamin keselamatan berkendara para siswa.

“Kita terimakasih dan mendukung, karena knalpot brong memang sangat memgganggu. Juga di masa kampanye Pemilu seperti ini,kami tidak mau siswa kami terlibat dengan memakai kendaraan yang tidak standar di jalan. Kami sangat mendukung Polsek Sigaluj,” tandas Heni.

Salah satu siswa SMAN 1 Sigaluh bernama Mahir mengaku hanya ikut-ikutan dan terbawa arus untuk mengikuti mode kendaraan yang dimodifikasi. Ia berjanji akan mengembalikan motornya sesuai standar.

“Besok pasti sudah saya perbaiki, saya hanya ikut-ikutan tren,” ungkapnya.

sumber : TribunBanyumas.com

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohamad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, Polda Jawa Tengah