REMBANG – Kampanye anti bullying dan kekerasan seksual terus digelorakan Polres Rembang di sekolah-sekolah. Seperti yang dilakukan Aipda Yanto, S.H. Kanit Binmas Polsek Gunem, Kamis (30/05/2024) pagi.

Aipda Yanto, S.H. bersama Briptu Anang Wiranto melaksanakan sosialisasi di SMP N 1 Gunem. Di hadapan kurang lebih 60 siswa, Aipda Yanto menjelaskan pengertian bullying dan kekerasan seksual, serta dampak negatif yang ditimbulkannya. Ia juga memberikan tips kepada siswa-siswi untuk mencegah bullying dan kekerasan seksual.

“ Bullying adalah tindakan kekerasan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap orang lain yang lebih lemah. Kekerasan seksual adalah tindakan yang bersifat seksual yang dilakukan terhadap seseorang tanpa persetujuan korban,” kata Aipda Yanto.

“ Dampak negatif bullying dan kekerasan seksual sangat besar, baik bagi korban maupun pelaku. Korban bullying dan kekerasan seksual bisa mengalami trauma, depresi, bahkan sampai bunuh diri. Pelaku bullying dan kekerasan seksual juga bisa mendapat hukuman pidana,” lanjutnya.

Aipda Yanto juga mengingatkan kepada siswa-siswi untuk berani melapor jika menjadi korban bullying atau kekerasan seksual. Ia mengimbau kepada siswa-siswi untuk menceritakan kejadian tersebut kepada orang tua, guru, atau teman yang dipercaya.

“ Jangan takut untuk melapor jika menjadi korban bullying atau kekerasan seksual. Laporkan kepada orang yang kamu percaya,” kata Aipda Yanto.

Sosialisasi ini disambut baik oleh siswa-siswi SMP N 1 Gunem. Mereka mengaku mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang bullying dan kekerasan seksual.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP N 1 Gunem, mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi tentang bahaya bullying dan kekerasan seksual.

Lebih lanjut pihak sekolah berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi tentang bahaya bullying dan kekerasan seksual serta berani melapor jika menjadi korban bullying atau kekerasan seksual.

HUMAS POLRES REMBANG

 

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kompol Joko Lelono, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Nanang Haryono