Banyuwangi – Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke 78 Kepolisian Resor Kota Banyuwangi melaksanakan revitalisasi sumur bor Polresta Banyuwangi berupa distribusi Mesin Pompa Air Submersible di Dusun Karangrejo Selatan (Pal-7), Desa Wongsorejo, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Sumur bor yang dibangun di Dusun Karangrejo Selatan (Pal-7), Desa Wongsorejo, Kecamatan Wongsorejo. Sumur ini bisa dimanfaatkan hingga 547 jiwa atau 147 KK.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, S. H., S. I. K., M. Si menyatakan, Mesin Pompa Air sumur bor Polresta Banyuwangi yang sebelumnya bermasalah dikarenakan aliran listrik yang tidak stabil, tetapi untuk saat ini sudah dapat digunakan kembali oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih.

“Dalam rangka hari Bhayangkara ke 78 ini Polresta Banyuwangi melaksanakan Revitalisasi sumur bor berupa pengadaan Mesin Pompa Air Submersible guna operasional sumur Bor Polresta Banyuwangi dengan tujuan pengentasan daerah sulit air bersih,” ujar Kapolresta Banyuwangi pada Kamis, (13/06/2024).

Kegiatan diawali dengan penyerahan Mesin Pompa Air Submersible secara simbolis kepada perwakilan warga dan pemilik lahan. Selanjutnya, Kapolresta Banyuwangi berserta PJU dibantu warga desa bersama-sama melaksanakan pemasangan mesin Submersible mulai dari perakitan ke pipa besi, perakitan kabel pada mesin tersebut serta pemasangan di dalam di dalam sumur bor. Diketahui bersama spesifikasi teknis kedalaman sumur mencapai 135 meter dengan debit air 2,2 liter/detik .

Pompa submersible memiliki fungsi utama untuk mengangkat air dari sumber bawah permukaan tanah menuju permukaan dengan tujuan penyediaan air minum dan irigasi pertanian.

“Mesin Pompa Air Submersible tersebut memiliki fungsi yang sangat penting bagi Sumur bor untuk mengangkat air dari dasar tanah naik ke permukaan dengan tujuan melayani kebutuhan air bersih warga di Dusun Sumberejo Selatan atau Pal-7,” tambahnya.

Kepala Desa Wongsorejo, Abdul Bakar, mengaku bersyukur mendapatkan bantuan Mesin Pompa Air Submersible untuk sumur bor dari Polresta Banyuwangi. Ia mengatakan, masyarakat sangat terbantu dengan pengadaan Mesin Pompa Air Submersible yang sempat tidak beroperasi selama 1 bulan akhirnya sumur bor tersebut sudah kembali beroperasi untuk keperluan mandi, cuci, kakus (MCK) dan keperluan ibadah (wudhu).

Warsusianti, 34, warga Dusun Pal-7, mengaku sangat terbantu dengan adanya sumur bor tersebut. Sebab, sebelum ada sumur bor dia harus mencari air bersih ke dusun sebelah yang jaraknya kurang lebih 3 km. “Sekarang sudah tidak perlu jauh-jauh lagi mengambil air, airnya disini bersih dan segar,” katanya. (**)

sumber : Polresta Banyuwangi

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi