BANYUWANGI – Polresta Banyuwangi mengadakan tes urine narkoba untuk para personel di halaman Mapolres, Rabu (19/6/2024). Tes urine digelar untuk memastikan para personel bebas dari narkoba.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono menjelaskan, tes urine juga digelar sebagai upaya deteksi dan pencegahan penggunaan narkoba di kalangan polisi.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh personel bebas dari narkoba. Ini adalah komitmen kami untuk menjaga profesionalisme dan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian,” kata Nanang.

Tes urine dilakukan secara mendadak setelah apel pagi. Secara bergantian, anggota polisi mengikuti tes urine hingga seluruh personel yang hadir melakukannya.

Nanang menjelaskan, sasaran tes urine adalah 250 anggota Polresta Banyuwangi mulai dari perwira hingga bintara.

“Proses pengambilan sampel urine dilakukan secara acak dan rahasia untuk menghindari kebocoran informasi dan memastikan hasil yang akurat,” tambah Nanang.

Nanang memastikan, pihaknya akan memberi sanksi tegas kepada anggota yang terbukti positif menggunakan narkoba.

“Tidak ada toleransi bagi penyalahgunaan narkoba di institusi ini. Jika ada yang terbukti positif, mereka akan menjalani proses hukum dan disipliner sesuai dengan peraturan yang berlaku,” katanya.

Dengan diadakannya tes urine itu, Kapolresta berharap kepercayaan publik terhadap kinerja kepolisian bisa meningkat. Termasuk sebagai salah satu cara dalam menunjukkan komitmen perang melawan narkoba.

sumber : Tribunjatim-timur.com

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi