Banyuwangi – Polresta Banyuwangi membuat sumur bor dan pompa air di kawasan Pal 7 Dusun Karangrejo Selatan, Desa/Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Sumur bor ini akan memasok air bersih untuk 135 kepala keluarga yang ada di wilayah itu.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono datang untuk melihat ke lokasi sumur bor, Kamis, 13 Juni 2024. Dalam kesempatan itu, Nanang memberikan peralatan untuk sumur bor. Dia juga membantu pemasangan pipa ke dalam sumur.

“Tujuan kita pasang sumur bor ini untuk bantu masyarakat yang ada di dusun ini,” jelasnya.

Dijelaskan Dusun Karangrejo Selatan ini berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Sumur bor yang dibuat memiliki kedalaman 135 meter. Wilayah ini merupakan daerah tadah hujan sehingga masyarakatnya mengandalkan air untuk pertanian dari air hujan.

“Sebelum ada sumur ini, warga mendapat air dari wilayah Wonolestari, sekitar 3 km lebih dari sini. Jadi jauh sekali warga harus mendapatkan air bersih,” katanya.

Sumur bor ini, lanjutnya akan menyuplai 150 kepala keluarga yang tinggal di Dusun Karangrejo Selatan. Air dari sumur ini juga bisa dimanfaatkan warga sekitar. “Semoga pompa air ini bisa dipakai dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Nanang menyebut, setelah sumur tersebut berfungsi, pengelolaannya akan diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah desa setempat.

Kepala Desa Wongsorejo, Abdul Bakar menyatakan, sebelum adanya sumur ini, warga setempat mendapatkan air bersih dari sumur bor di wilayah Wonolestari. Sehingga keberadaan sumur bor ini akan sangat membantu masyarakat.

“Sumur bor ini sangat membantu sekali. Sebagai Kepala Desa kami ucapkan banyak terima kasih,” ungkapnya.

sumber : ngopibareng.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi