TEMANGGUNG – Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, menyiapkan pasukan pengamanan malam takbiran dengan gelar pasukan di timur Alun-Alun Temanggung yang diikuti personel dari Kodim, Polres, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, dan Dinas Perhubungan kabupaten setempat.

“Kita mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pengamanan dalam rangka Operasi Ketupat, yakni pengamanan malam takbiran,” katanya di Temanggung, Selasa.

Ia menyampaikan fokus kegiatan kepada pengamanan terhadap kegiatan masyarakat, diperkirakan kegiatan masyarakat pada hari ini ada beberapa titik simpul.

“Kegiatan yang akan dilakukan di beberapa titik, antara lain di Kranggan dan Parakan serta lainnya,” katanya.

Ia menuturkan kegiatan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Dalam kegiatan ini perlu pengalihan arus lalu lintas apalagi nanti di beberapa tempat jalan pada titik-titik keramaian.

Oleh karena itu, katanya, nanti ada beberapa penutupan arus lalu lintas arah menuju alun-alun, khusus bagi kendaraan yang melakukan iring-iringan menggunakan pengeras suara tidak diperkenankan untuk melewati daerah alun-alun.

“Titik kumpul memang ada di beberapa tempat, hal ini harus kita antisipasi.” katanya.

Ia meminta anggota yang bertugas pengamanan takbiran harus menggunakan peralatan yang ada rompi, senter, maupun jas hujan kalau nanti hujan.

Ia mengimbau petugas untuk mengutamakan keselamatan dan nanti cara bertindak adalah sesuai dengan perwira masing-masing di setiap ploting.

“Misalnya ada krodit di suatu titik tempat maka perwira yang bertanggung jawab di tempat itu menghubungi kabag ops untuk nanti kita terjunkan bantuan dari pospam dan polsek terdekat,” katanya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono