Salatiga – Dengan adanya kejadian kecelakaan lalu lintas di Subang Jawa Barat yang menewaskan belasan penumpang, hal tersebut menimbulkan keprihatinan berbagai pihak.

Guna mengantisipasi kejadian serupa, Sat Lantas Polres Salatiga menggandeng Dinas Perhubungan melakukan Ramp Check terhadap bus pariwisata di Kota Salatiga. Sabtu,18/05/2024.

Dipimpin Kanit Kamsel, Ipda Yulius Dimas Aditya, tim mendatangi PO Bus Safari, PO Bus Permata Adelia dan PO Pesiar Transindo dengan melakukan pengecekan terhadap belasan bus pariwisata.

“Kami bersama Dishub Salatiga hari ini melaksanakan pengecekan kendaraan berupa rem, lampu, wiper, kedalaman alur ban, uji emisi dan kelengkapan keselamatan bus yang terdiri dari alat pemadam api ringan (apar), pemecah kaca dan segitiga penyelamat. Kegiatan ini kami lakukan untuk mengantisipasi kejadian kecelakaan lalu lintas. Bilamana hal tersebut terjadi, penumpang dapat berupaya secara mandiri dengan menyelamatkan diri menggunakan alat-alat yang tersedia di dalam bus. Untuk itu kami harapkan bagi kru atau awak bus agar memberikan edukasi terhadap penumpang sebelum keberangkatan, tentang tata cara menyelamatkan diri dengan menggunakan alat sederhana serta tata letak benda-benda tersebut sehingga penumpang tidak panik jika hal yang tidak diinginkan terjadi.” Ucap Ipda Yulius.

Selain pengecekan tersebut, tim juga melajukan pengecekan terhadap kelengkapan administrasi tang terdiri dari kartu pengawas, buku uji KIR, ijin trayek dan STNK.

“Secara umum tidak ditemukan adanya kerusakan, semuanya dalam kondisi bagus dan laik jalan. Ijin kendaraan yang diperuntukkan sebagai bus pariwisata selama 15 tahun sesuai aturan Kemenhub juga masih berlaku. Kami ucapkan terimakasih kepada pemilik PO bus dan kru nya karena open terhadap bus yang berarti memprioritaskan keselamatan penumpang.” Tutup Yulius.

Giyanto, 53 tahun, pemilik PO Bus Permata Adelia sangat mengapresiasi pengecekan yang dilakukan oleh Sat Lantas dan Dishub.

“Untuk PO Bus Permata Adelia selalu kami lakukan pengecekan secara berkala untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Kami juga bekerja sama dengan Polre Salatiga dan aktif koordinasi jika kami menemui hambatan. Keselamatan dan kenyamanan penumpang adalah prioritas kami.” Ucapnya.

sumber: radarsemarang

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono