Brebes – Aksi pelemparan batu terhadap truk marak di Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Brebes, Jawa Tengah. Polisi turun tangan memburu pelaku.

Teror pelemparan batu oleh orang tak dikenal ini dikeluhkan para sopir. Selain merusak kaca kendaraan, pelemparan batu itu juga membahayakan keselamatan jiwa.

Dilihat detikJateng, Kamis (27/6/2024), pada video yang dibuat oleh sopir truk, mereka mengaku mengalami pelemparan kaca hingga pecah. Mereka membagikan pengalaman ini di media sosial Facebook.

Video dibuat pada 26 Juni 2024 pukul 06.31 WIB di kawasan Desa Kertabesuki, Wanasari, Brebes. Tampak seorang sopir merekam video kondisi kaca truk yang pecah. Sopir ini juga menyebut, di sepanjang jalan yang dilalui terdapat pecahan kaca dari kendaraan lain.

“Daerah sini lagi rawan om, daerah sini banyak yang melempar kaca, banyak kaca yang pecah. Orang daerah sini kurang ajar semua om, ini banyak kaca pecah semua di pinggir jalan, ini sengaja ini,” ucap sopir dalam video tersebut.

Sopir ini mengingatkan agar berhati-hati jika melintas di Jalingkut Brebes. Dia menyebut, kejadian serupa juga dialami truk lain sehingga perlu waspada.

“Daerah sini lagi rawan om, bukan hanya kita yang kacanya pecah, ini ada beberapa mobil yang kacanya pecah. Beberapa mobil kacanya pecah ini.., di lingkar luar Brebes,” kata sopir truk lain.

Polisi Buru Pelaku

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Wanasari Ipda Rukas Sigit mengonfirmasi adanya peristiwa tersebut. Menurutnya, pihak kepolisian langsung bertindak begitu mendapatkan laporan dari warga terkait aksi pelemparan batu di Jalingkut Brebes.

Rukas menjelaskan, polisi langsung melakukan penelusuran di tempat kejadian perkara (TKP) di Desa Kertabesuki, termasuk meminta keterangan warga sekitar.

“Kami langsung bertindak setelah ada laporan pelemparan. Polisi akan mengamankan jalur itu dan mencari para pelaku,” kata Rukas saat dihubungi awak media, Kamis (27/6).

Mengantisipasi aksi serupa di daerah Jalingkut, petugas gabungan dari Polsek Wanasari dan Polres Brebes menggelar patroli di jalan raya.

“Kami juga mengimbau kepada warga yang iseng melakukan aksi pelemparan untuk tidak melakukan pelemparan kepada kendaraan yang melintas. Itu sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa di jalan raya,” pungkasnya.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono