HUMBANGHASUNDUTAN-Pelaksanaan malam takbiran di Humbanghasundutan menyambut Hari Raya IdulFitri 1445 H Tahun 2023 berjalan baik dan lancar di Humbang Hasundutan, Selasa malam (9/4/2024).

Kegiatan pengamanan malam Takbiran Hari Raya IdulFitri tersebut di pimpin langsung oleh Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto SH, SIK, MH, yang melibatkan 52 personil Polres dan Polsek jajaran polres Humbang Hasundutan.

Dalam pengamanan ini personil ditempatkan ditempat tempat rawan tindak kejahatan, rawan kemacetan dan di route route yang akan dilewati Tabir keliling.

Pengerahan personel ini sebagai bentuk tanggung jawab dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat Kabupaten Humbahas sekaligus memperlancar jalanya Takbir keliling hari raya Idul Fitri 1445 H.

Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto SH SIK, MH, mengatakan bahwa Polres Humbang Hasundutan dan Polsek jajaran akan memaksimalkan pengamanan malam takbiran IdulFitri 1445 H.

Baca juga: Cek Harga Mobil di Bawah 100 juta

Menurutnya pengamanan ini penting mengingat masyarakat menyambut dan merayakan lebaran IdulFitri tahun ini dengan penuh kegembiraan.

“Kami jajaran Polres Humbahas dan Polsek akan all out mengamankan IdulFitri 1445 H, terutama di malam takbiran ini.” Ucap Kapolres

Sementara itu terpantau sebanyak lebih kurang 500 orang umat muslim mengumandangkan takbir menyambut Hari Raya Idhul Fitri 1445 H di kota Doloksanggul.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu sunah yang dianjurkan bagi umat Islam untuk mengagungkan Takbir di hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa sekaligus syiar Islam agar selalu ingat dan mengagungkan nama Allah SWT.

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto Juga meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban dan menjunjung nilai-nilai toleransi beragama di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Polres Humbahas terus berupaya untuk menjaga situasi Kamtibmas aman kondusif dengan meningkatkan kegiatan Ops Ketupat Toba 2024 melalui edukasi, himbauan, sambang, patroli, dan penegakan hukum,”tutup Kapolres

Kegiatan Takbir keliling tersebut dimulai pukul 20.00 Wib dan selesai hingga pukul 22.00 Wib dengan rute dimulai dari Masjid Raya Doloksanggul – Jalan Sentosa – Jalan Richardo – RSUD Doloksanggul – Jalan Merdeka – Desa Purba Dolok – Desa Barangan – Matiti – Pandumaan – dan Finish Masjid Raya Doloksanggul.

Selama kegiatan takbiran keliling tersebut situasi berjalan dengan aman dan kondusif.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Polda Sumut, Sumatra Utara, Poldasu