Banyuwangi – Satuan Lalu Lintas Polresta Banyuwangi, Jawa Timur melakukan patroli udara guna memantau arus lalu lintas di Jalur Pantura sekitar Pelabuhan Penyeberangan Ketapang (Banyuwangi)-Gilimanuk (Bali) pada H+3 Lebaran.

Patroli dilakukan dengan menggunakan helikopter jenis Dauphin AS365 N3+HR-3603 milik Basarnas Surabaya, Minggu.

Kasat Lantas Polresta Banyuwangi Kompol Amar Hadi Susilo mengatakan dari pantauan udara arus lalu lintas di Jalur Pantura kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu pada H+3 Lebaran ramai lancar.

“Dari pantauan kami dari udara hari ini arus lalu lintas masih lancar tidak ada antrean maupun kemacetan beberapa kilometer sebelum pintu masuk Pelabuhan Ketapang, baik dari arah Jember-Banyuwangi maupun Situbondo-Banyuwangi,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Kompol Amar, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan PT ASDP (Persero) Indonesia Ferry Cabang Ketapang-Gilimanuk untuk antisipasi kepadatan arus lalu lintas pada arus balik Lebaran dengan menyiapkan lima kantong parkir atau bufferzone.

Lima kantong parkir untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan pada arus balik Lebaran 2024 yakni di Terminal Sri Tanjung, lahan parkir milik Pelindo, lapangan di Desa Bangsring dan Watu Dodol, Kecamatan Wongsorejo (dari arah Situbondo-Banyuwangi).

Sedangkan dari arah Jember-Banyuwangi, kantong parkir di Desa Bulusan, Kecamatan Kalipuro (milik ASDP) dan sekitar SPBU Farly.

“Semuanya sudah terpecahkan dan kami juga tempatkan personel di semua titik tersebut. Lalu lintas juga sudah kami urai, kendaraan roda empat dari arah Jember maupun dari arah Situbondo yang tidak akan menyeberang ke Gilimanuk dialihkan lewat jalan lingkar,” kata Kompol Amar.

Sementara itu, Koordinator Pos SAR Banyuwangi Wahyu Setia Budi menyampaikan bahwa helikopter jenis Dauphin AS365 N3+HR-3603 itu disiagakan sampai 18 April mendatang.

“Hari ini kami kembali patroli udara bersama Kasi Operasi Basarnas Surabaya, Kasat Lantas Polresta Banyuwangi, General Manajer ASDP Ketapang. Sekitar 30 menit melakukan patroli udara Jalur Pantura 5 kilometer arah Situbondo dan juga patroli di lintasan Ketapang-Gilimanuk,” paparnya.

Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Surabaya menyiagakan satu unit helikopter jenis Dauphin AS365 N3+HR-3603 di Banyuwangi untuk melaksanakan patroli udara lintasan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

 

Polda Jatim, Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto, Kabidhumas Polda Jatim, Jawa Timur, Jatim, Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono