SEMARANG – PAN mendukung Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi untuk jadi calon Gubernur Jateng di Pilkada 2024.
“Jateng kan sudah saya Pak Luthfi, ya saya sudah dukung Pak Luthfi nanti,” kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (3/6).

Zulhas pun menyerahkan sepenuhnya soal wakil yang akan digandeng untuk mendampinginya di kontestasi mendatang.

Sebelumnya Luthfi masuk dalam radar Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk dapat diusung pada Pilgub Jateng 2024.

Luthfi akan memasuki masa pensiun tahun ini. Ia telah menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah sejak Mei 2020 lalu.

Sementara, Ketua Dewan Pembina DPW PSI Jateng M Farchan menyebut Luthfi telah terbukti dan teruji dalam menangani setiap permasalahan di Jawa Tengah meski lingkupnya kamtibmas.

Menurutnya, rekam jejak Luthfi terlihat banyak berada di Jawa Tengah seperti pernah menjabat sebagai Kapolres Batang, Wakapolresta Solo, Kapolresta Solo, Wadir Intelkam, Wakapolda Jawa Tengah, dan kini Kapolda Jawa Tengah.

“Kapolda Jateng Pak Ahmad Luthfi jadi salah satu radar kita, yang kita lirik. Dibandingkan nama lain yang sudah muncul, kok lebih berani ke nama Ahmad Luthfi karena sudah jelas terbukti dan teruji memahami persoalan yang ada di Jawa Tengah. Rekam jejak dinasnya, banyak jabatannya yang tugas di Jawa Tengah”, ujar Farchan kepada CNNIndonesia.com, Senin (22/4).

Namanya juga dilirik oleh Partai Golkar. Sekretaris DPD Golkar Jateng Juliyatmono menyebut Luthfi sudah lebih mengenal Jawa Tengah karena telah menjabat selama empat tahun terakhir.

Namun, tak hanya Luthfi, Golkar juga menyiapkan kader-kader internal. Golkar menugasi empat kader untuk bersiap jadi cagub Jateng. Salah satunya, Wasekjen Golkar sekaligus Bupati Kendal, Dico Ganinduto.

sumber: CNN Indonesia

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono