JEPARA – Dua organisasi masyarakat (ormas) keagamaan terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah menggelar acara halal bihalal di Hotel Ono Joglo Resort and Convention Jepara Bandengan Kabupaten Jepara, Minggu (12/5/2024).

Dalam kesempatan itu, NU dan Muhammadiyah juga membacakan komitmen serta seruan bersama dalam menghadapi situasi Pilkada 2024.

Hadir pada kesempatan itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi beserta jajaran, serta unsur Forkopimda lainnya.

Pejabat yang hadir antara lain PJ Bupati Jepara Edy Supriyanta, Rais Syuriyah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq, Ketua Tanfidizah NU Kabupaten Jepara KH Charis Rohman, Ketua PD Muhammadiyah KH Fahrurrozi, serta sekitar 1.500 hadirin.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) dan Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Jepara berkomitmen untuk turut serta dan menjaga suasana yang kondusif, aman, tertib, dan damai di tengah masyarakat agar terlaksana Pilkada 2024 yang kondusif, aman, damai dan berkualitas di Jepara.

6 poin pokok pada seruan bersama antara NU dan Muhammadiyah Jepara itu adalah:

Pertama, kepada penyelenggara Pilkada 2024 untuk bertindak profesional, netral, adil, berdiri di atas semua golongan dan terbuka.
Serta menjamin terpenuhinya hak politik setiap warga negara, sesuai dengan undang-undang yang berlaku

Kedua, kepada pemerintah daerah beserta jajarannya agar menjaga terselenggaranya Pilkada Jepara 2024 yang berkualitas.
Selain itu, mendukung segala bentuk upaya dan prakarsa masyarakat demi terciptanya Pemilu yang aman, damai, kondusif dan berkualitas di Jepara.

Ketiga, kepada Aparat Sipil Negara (ASN) dan aparat keamanan untuk menjaga netralitas dan tidak berpihak dalam pelaksanaan Pilkada Jepara 2024 demi terwujudnya Pilkada yang aman, damai, berkualitas dan berintegritas.
Keempat, kepada para kontestan Pilkada Jepara 2024 agar menjunjung tinggi sportivitas dalam mengikuti Pilkada serta turut menjaga kondusifitas dengan tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan gesekan di akar rumput.
Kelima, kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat agar senantiasa menjaga suasana sejuk dan turut serta menjaga kondusifitas demi terselenggaranya Pilkada yang aman dan damai di Jepara
Keenam, kepada masyarakat Jepara agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab dengan tidak golput dan menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab dengan memilih pemimpin yang berintegritas, mempunyai track record yang baik, mempunyai keberanian untuk mengambil kebijakan yang maslahat bagi warga Jepara serta mempunyai kemampuan dan kecakapan untuk memimpin jepara selama lima tahun ke depan.
Terpisah, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan bahwa kegiatan pembacaan komitmen serta seruan bersama yang dilakukan sangat baik dalam menjaga kamtibmas dan akan menjadi pionir bagi daerah lain.

“Saya Kapolda Jawa Tengah mengucapkan terima kasih, hari ini dilaksanakan Halal bihalal sekaligus pembacaan komitmen serta Seruan bersama NU dan Muhammadiyah dalam menghadapi Pilkada Jepara 2024.”

“Ini akan menjadi pelopor, menjadi pionir bagi daerah lain, saya yakin Jepara akan aman gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo baldatun thoyyibatun wa rabbun gafur.”

“Polda Jawa Tengah dan jajaran akan memberikan Pelayanan yang terbaik,” ungkap Irjen Pol Ahmad Lutfi.

sumber: Tribunmuria.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono