Banyumas – Tim Unit Reskrim Polsek Purwokerto Timur bersama Unit Resmob Polresta Banyumas mengamankan dua gadis remaja karena nekat mencuri sepeda motor di area parkir belakang Rita Supermall Purwokerto. Diketahui, kedua pelaku berinisial AS (17) warga Purwokerto Timur dan LE (17) warga Patikraja.
Kapolsek Purwokerto Timur, Kompol Suprijadi menjelaskan pencurian ini terjadi pada Kamis (9/5) sekitar pukul 14.45 WIB. Korban yang bernama Lisa baru menyadari sepeda motornya dicuri setelah pulang kerja dari mal tersebut.

“Sekitar pukul 22.00 WIB, korban hendak pulang kerja dari Rita Mall dan menuju ke area parkir ternyata sepeda motor milik korban tidak ada,” kata Suprijadi dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (29/5/2024).

Setelah menyadari motornya raib, korban langsung menanyakan kepada tukang parkir yang bertugas. Namun menurut tukang parkir tersebut sepeda motornya dibawa oleh dua orang yang mengaku sebagai teman korban.

Dari kejadian tersebut korban melapor ke Polsek Purwokerto Timur dengan kerugian satu unit sepeda motor Yamaha Mio M3 tahun 2016 warna merah muda. Sepeda motor tersebut ditaksir senilai Rp 8 juta.

Unit Reskrim Polsek Purwokerto Timur yang menerima laporan itu kemudian berkoordinasi dengan Unit Resmob Sat Reskrim Polresta Banyumas untuk melakukan penyelidikan.

“Petugas kemudian mendapatkan informasi terkait terduga pelaku. Kita tangkap pelaku pada Minggu (26/5) sekitar pukul 22.30 WIB, kemarin dengan barang bukti sepeda motor yang masih dibawa pelaku dengan pelat nomor yang telah diganti,” jelasnya.

Dari hasil pengembangan, kedua pelaku mengakui sebelumnya juga pernah melakukan pencurian sepeda motor dengan TKP di wilayah Desa Kedungrandu, Kecamatan Patikraja.

Atas perbuatannya, pelaku dan barang bukti diserahkan Sat Reskrim Polresta Banyumas dan ditangani oleh Unit PPA. Pasalnya, para pelaku perempuan masih di bawah umur.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Banyumas, Kompol Andryansyah Rithas Hasibuan menambahkan, pengakuan sementara pelaku mencuri sepeda motor untuk digunakan pribadi.

“Untuk sementara ngakunya dicuri untuk dipakai saja. Tapi itu keterangan awal ketemu, untuk proses pemeriksaan masih berjalan,” ujarnya.

Dirinya menyebut pelaku tidak menargetkan sepeda motor jenis apa. Karena saat mencuri menggunakan kunci yang asal dimasukkan ke sembarang sepeda motor.

“Kuncinya pakai kunci motor biasa tapi masuk. Dia ngasal aja ambilnya,” pungkasnya.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono