BANJARNEGARA – Bencana tanah longsor terjadi di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Senin (8/1) pagi, setelah hujan deras mengguyur dan kondisi tanah yang labil. Lokasi terdampak antara lain Dusun Batur dan Dusun Sipedang yang berada di wilayah Kecamatan Banjarmangu.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara pada Senin (8/1) pukul 17.00 WIB. Korban terdampak di wilayah Dusun Batur berjumlah 11 kepala keluarga / 34 jiwa dan sebanyak dua unit rumah alami rusak berat dan satu unit rumah alami rusak sedang. Longsor di wilayah tersebut juga mengancam 10 unit rumah lainnya.

Kemudian di Dusun Sipedang berdampak pada 7 kepala keluarga / 28 jiwa dan tujuh unit rumah warga alami kerusakan cukup berat. Warga terdampak memilih mengungsi ke rumah kerabat untuk sementara waktu.

BPBD Kabupaten Banjarnegara dan tim gabungan sejak kemarin langsung menuju lokasi untuk melakukan penanganan bencana antara lain melakukan kaji cepat, melakukan pembersihan material longsor dan pembongkaran rumah yang alami rusak berat. Selain itu diberikan layanan kesehatan dan distribusi logistik permakanan.

Untuk mendukung giat tanggap darurat yang dilaksanakan pemerintah daerah, BNPB merencanakan akan memberikan dukungan operasional darurat, dan dukungan logistik dasar seperti tenda keluarga, makanan siap saji, sembako, terpal, hygiene kit, selimut, matras, velbed, genset dan alat sedot air.

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng