PEKALONGAN – Syukuran sederhana dan doa bersama digelar Polres Pekalongan Pekalongan dalam rangka kegiatan Polda Jawa Tengah bedah rumah untuk Mak Ratih alias Mak Sombret (54) di Desa Kulu, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Minggu, 2 Juni 2024.

Kegiatan syukuran sebagai awal dimulainya bedah rumah ini dihadiri oleh Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, Wakapolres Pekalongan Kompol Kholid Mawardi, PJU Polres Pekalongan, Kapolsek Karanganyar AKP Edy Sarwono, Kepala Desa Kulu Setiyo Nimpuno, serta warga masyarakat setempat.

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dirinya mewakili Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Kulu, dimana selama ini bisa menjaga situasi yang aman dan kondusif.Dikatakan AKBP Wahyu Rohadi, dirinya telah banyak mendengar cerita tentang ketulusan Mak Sombret dari Kepala Desa Kulu yang telah banyak bercerita tentangnya.

“Kita patut meniru dan mencontoh terhadap jiwa sosialnya beliau, dimana kisahnya beliau diangkat dan menjadi viral,” tutur Kapolres Pekalongan.

Dan tak terkecuali kisah Mak Sombret pun mendapat perhatian dari Kapolda Jateng, sehingga memerintahkan Kapolres untuk menindaklanjutinya.

“Dan sudah kita pikirkan bersama, bahwa dari Polda Jateng akan memberikan bantuan berupa bantuan membenahi kediaman Mak Sombret agar layak ditempati,” ungkap Kapolres.

Selain itu AKBP Wahyu mengharapkan doa dan kerjasama kepada warga masyarakat Desa Kulu untuk membantu supaya kegiatan ini bisa lancar dan sukses terlaksana.

Sementara itu, Kepala Desa Kulu Setiyo Nimpuno menyampaikan, melalui Kapolres Pekalongan, bapak Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi di jajaran Kepolisian di Jawa Tengah sangat luar biasa.

“Jadi, Pak Luthfi mengamanatkan kepada Pak Kapolres, bahwa itu yang viral kemarin untuk diperhatikan. Mak Sombret yang berpenghasilan tidak menentu telah ikut ngiring haji dengan biaya sendiri dengan naik ojek,” ujar Kades Kulu.

Berkat dari keikhlasan Mak Sombret yang menjadi viral, ada 3 biro umroh yang akan memberangkatkan Mak Sombret untuk berangkat umroh dan berkeinginan membantu juga untuk uang saku perjalanannya.

Setio menambahkan, melalui Kapolres Pekalongan, rumah Mak Sombret juga akan dibenahi supaya lebih layak.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono