ACEH – Kasatgas Opsda Operasi Ketupat Seulawah, Kombes M Iqbal Alqudusy, mengatakan sebanyak 10.003 pengunjung menyeberang ke Sabang pada saat libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Jumlah ini dihitung sejak 3-11 April 2024.

“Sedangkan sepeda motor sebanyak 2.050 unit dan mobil 580 unit,” kata Iqbal Alqudusy, Jumat, 12 April 2024.

Sementara itu, kata Iqbal, kendaraan antre parkir masuk dalam Buffer Zone mengantri naik ke kapal Roro ke Kota Sabang dan tripnya sudah ada.

“Semua kendaraan dapat terangkut karena info dari Dinas Perhubungan ada penambahan trip kapal Roro sampai waktu malam,” ujarnya.

Iqbal mengatakan, zona disiapkan untuk antrian kapal yang ingin naik ke kapal Roro ke Kota Sabang. Karena jika dimasukkan semuanya ke dalam pelabuhan tidak akan muat dan sirkulasi naik turun penumpang akan terhambat.

Untuk wisatawan yang ingin menitipkan kendaraan, kata Iqbal, dipersiapkan lokasi parkir oleh pihak pelabuhan untuk kendaraan roda dua dan roda empat bila wisatawan akan menitipkan kendaraan sudah di siapkan di dalam pelabuhan.

“Bila sudah penuh di dalam dan diluar, disiapkan juga tempat penitipan kendaraan yang lokasinya berada sebelum Kampung Jawa,” sebutnya.

 

Polda Aceh, Kapolda Aceh, Irjen. Pol. Achmad Kartiko, Ditlantas Polda Aceh, Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy