JEPARA – Komunitas nelayan yang tergabung dalam Koperasi Mina Baruna menyatakan dukungan terhadap Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk maju menjadi gubernur dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jateng terus mengalir.

Dukungan terhadap disampaikan Ketua Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud) Mina Baruna Jawa Tengah Karjono melalui rilis yang dikirim ke awak media, Kamis (16/5).

Menurutnya, keanggotaan koperasi ini terdiri atas pemilik kapal, anak buah kapal (ABK), pelaku usaha perikanan, nakhoda, dan nelayan tradisional yang terdaftar anggota se-Jawa Tengah.

“Dengan keanggotan kurang lebih 250 ribu kepala keluarga, kami mendukung Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah,” kata Karjono.

Karjono menjelaskan, alasan pihaknya mendukung karena Ahmad Lutfi tidak asing lagi di Jawa Tengah. Kinerja terlihat nyata dalam mengamankan situasi dan keamanan dari pemilihan kepala desa, legislatif sampai dengan presiden.

“Selama menjabat Kapolda selama empat tahun dikenal dekat dengan bawahan sampai tingkat Polsek,” katanya.

Karjono mengungkap, Rapat anggota Tahunan (RAT) ke 46 tahun 2023 di Semarang, dihadiri Ketua, Sekretaris, dan sejumlah 23 KUD MINA Se Jateng.

“Wilayah kerja kami sangat luas, dari Sarang Rembang, perbatasan Tuban sampai Brebes perbatasan Jawa barat wilayah Pantai Utara. Kemudian dari Cilacap, Kebumen, dan Purworejo,” katanya.

Karjono mengatakan, selama ini, komunitas nelayan mengandalkan peran dari Koperasi, karena koperasi bergerak berbagi bidang seperti perbekalan, BBM, dok kapal hingga bengkel.

“Semua kebutuhan nelayan, perbekalan kapal untuk melaut penangkapan ikan, hingga bantuan asuransi nelayan dan kesejahteran nelayan semua lewat koperasi,” ungkapnya.

Karjono sendiri pernah menjabat Ketua Puskud “lMina Baruna Jateng selama empat periode atau 20 tahun.

Selama itu, kata dia, Puskud dan KUD Mina berjuang bagi kesejahteraan nelayan dengan memberikan berbagai bantuan untuk nelayan.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono