HUMBAHAS-Polres Humbahas melaksanakan pengamanan kunjungan kerja Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI Nani Hendiarti bersama rombongan yang didampingi oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi bersama Para Pejabat Utama Polda Sumatera Utara di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan, Jumat (23/02/2024).

Turut hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut Deputi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Nani Hendiarti, Asdep Bidang Pertanian Ketahanan Pangan dan Inovasi Ida Dwinilasari, SH., MH., Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, Bupati Pakpak Barat, Franc Tumanggor, Anggota DPRD Prov. Sumut JTP Hutabarat, Ketua kelompok pengembangan kawasan pertanian, biro perencanaan Dr. Lim Mucharam, SP., MP. , Wakil rektor bidang kemitraan, Inovasi dan Kewirausahaan Humasak Tomy Simanjuntak, ST., M.ISD, PT Indofood Fortuna Makmur, PT Calbee Wings Food, Dirut PT Hortikultura, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi bersama PJU Polda Sumatera Utara dan disambut langsung oleh AKBP Hary Ardianto SH SIK MH selaku Kapolres Humbahas.

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH menjelaskan bahwa pada saat melaksanakan rapat persiapan bersama Forkopimda Humbahas pada hari Rabu, 21 Februari 2024 direncanakan Menko Marves RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan didampingi Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, SE., MSc., Ph.D akan berkunjung di wilayah Humbahas.

Kemudian pada saat kegiatan di Hari Jum’at 23 Februari 2024 hasil informasi bahwasanya rencana kunjungan kerja Menko Marves RI dan Menkeu RI resmi ditunda dan diwakilkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI.

“Kunjungan Pak Menko Marves Jendral (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani hari ini resmi ditunda, namun tetap di laksanakan kegiatan peninjauan yang diwikilkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI Nani Hwendiarti,” Jelas AKBP Hary.

Kegiatan kunjungan Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI bersama rombongan dalam hal melakukan panen kentang dan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama ( NKB ) di Desa Ria-Ria Pollung serta melakukan Peninjauan lapangan, gedung riset TSTH2 serta berdiskusi di Desa Aek Nauli II Pollung.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI bersama rombongan tiba di wilayah kab humbahas pada pukul 11:00 wib dan langsung menuju lokasi pemanenan kentang dan gedung riset TSTH2 untuk melakukan diskusi serta penandatanganan nota kesepakatan bersama (NKB).

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH juga menjelaskan, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung juga ikut serta turun mendampingi Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI bersama rombongan untuk melakukan kunjungan ke wilayah Humbahas.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSi bersama Dir Pam Obvit Polda Sumut Kombes Pol Parhorian Lumban Gaol mendampingi Deputi Menko Marves RI sekaligus melakukan peninjauan laporan tahap 1 dan persiapan pembangunan TSTH2 tahap 2, kemudian Meninjau laporan perkembangan TSTH2 tahap 2, Rencana pemanfaatan TSTH2 dan perkembangan KHDTK serta untuk Penyediaan bibit di TSTH2.

“Pak Kapolda Sumut bersama rombongan tiba duluan di wilayah Kab Humbahas dengan men ggunakan heli, dan langsung meninjau laporan tahap 1 dan persiapan pembangunan TSTH2 tahap 2, kemudian Meninjau laporan perkembangan TSTH2 tahap 2, Rencana pemanfaatan TSTH2 dan perkembangan KHDTK serta untuk Penyediaan bibit di TSTH2 sembari menunggu Deputi Menko Marves RI bersama rombongan tiba di Kab Humbahas,”ujar Kapolres.

Selama berlangsungnya pengamanan kunjungan kerja Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI serta Kapolda Sumatera Utara saat tiba dan begerak ke lokasi kunjungan berikutnya ke wilayah Toba tidak ada ditemukan kejadian gangguan Kamtibmas di wilayah Humbahas.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan aman dan lancar. Pengamanan Polres Humbahas dilakukan secara terbuka dan tertutup mulai dari kedatangan, sampai rombongan bertolak ke lokasi berikutnya ke kabupaten Toba untuk meninjau perkembangan Venue F1H20.”
Dan seluruh rangkaian kegiatan pengamanan, kami lakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP),”tutup AKBP Hary.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Polda Sumut, Sumatra Utara, Poldasu