Demak – Korban banjir di Kecamatan Karanganyar, Demak banyak yang masih bertahan di rumahnya. Kapolda Jateng menyatakan bakal menambah perahu karet guna mendistribusikan dan patroli ke rumah-rumah warga yang banyak ditinggal penghuninya mengungsi.
“Untuk menjaga keamanan bagi warga yang masih belum mau meninggalkan rumahnya, kita akan memperbanyak penyediaan perahu karet untuk patroli di sekitar permukiman warga sekaligus mengantisipasi tindak kriminalitas karena banyak rumah dan harta benda yang ditinggalkan,” kata Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam keterangan resminya, Senin (12/2/2024).

Kapolda bersama Pangdam IV / Diponegoro, Mayjen TNI Tandyo Budi Revita meninjau langsung penanganan banjir di Kabupaten Demak. Bertolak dari Kota Semarang menggunakan helikopter, kedua pejabat melakukan pemantauan udara pada sejumlah tanggul-tanggul sungai yang rusak serta kawasan terdampak banjir di Kecamatan Karanganyar dan Gajah.

Rombongan selanjutnya mendarat di desa Gajah, Kecamatan Gajah, untuk melanjutkan peninjauan untuk mengecek kesiapan dapur lapangan milik Brimob, upaya trauma healing, serta pengobatan gratis yang dilakukan tim Biddokkes Polda Jateng.

Lebih lanjut, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah untuk turut mengatasi tanggul-tanggul yang jebol serta mendukung pengadaan tambahan obat-obatan, serta pakaian untuk para pengungsi.

“Satu hal yang juga perlu diantisipasi adalah mobilitas pengungsi yang berpindah-pindah tergantung dari debit air. Tadi sudah dibahas bersama Bupati, bahwa nanti perlu disediakan lokasi yang besar dan representatif untuk menampung pengungsi karena kita belum tahu banjir ini akan selesai kapan,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, ribuan warga Demak harus mengungsi akibat banjir yang terjadi. Banjir merendam permukiman, termasuk jalur Pantura, akibat beberapa tanggul yang jebol.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono