Semarang – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memastikan Tol Fungsional Solo-Jogja, digunakan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024. Namun dengan kecepatan terbatas.

Hal itu dipastikannya usai mengecek langsung lajur yang kini masih dalam tahap kontruksi tersebut, Senin (1/4).

“Pengecekan terkait kondisi jalan, kesiapan pintu gerbang tol, petugas gerbang toll serta kepadatan kendaraan yang melintas di GT Ngasem,” jelas Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy saat mendampingi Kapolda Jateng.

Menurutnya jalut tol secara fungsional tersedia sepanjang 22 kilometer dari Kartasura sampai Ngawen, Klaten. Dapat dilalui dengan kecepatan terbatas yaitu 40-50 kilometer per jam karena masih dalam tahap konstruksi.

“Karena masih dalam tahap konstruksi, tetap bisa dilalui namun dengan kecepatan terbatas,” ujarnya.

Sementara itu ada 12 gerbang tol (GT) yang siap difungsikan di GT Ngasem. Dengan rincian 2 GT utama, 6 GT Satelit dan 4 GT Mobile reader.

Selama pengecekan, arus kendaraan yang melintas di GT Ngasem terpantau normal dan belum terjadi lonjakan.

Untuk saat ini kondisi GT toll siap menerima pemudik. Berdasarkan prediksi Kemenhub puncak arus mudik terjadi pada tanggal 6 April.

“Harapannya diwaktu yang telah diprediksi tidak ada penumpukan arus mudik dan tradisi mudik tahun ini berjalan aman dan lancar,” pungkasnya.

sumber : rmoljawatengah.id

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono