MAGELANG – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menggelar Apel 3 Pilar di Gedung Jenderal Besar Abdul Haris Nasution Kompleks Akmil Magelang, Selasa (11/6).

Apel diikuti Bupati Magelang, Wali Kota Magelang, masing-masing beserta para pejabat Forkompimda hingga perangkat desa se Kota dan Kabupaten Magelang.

Kapolda mengatakan, kegiatan Apel 3 Pilar ini untuk mempersiapkan Operasi Mantap Praja yang akan dilaksanakan awal Agustus 2024 secara serentak di seluruh 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

“Kita akan memberi jaminan keamanan bagi masyarakat dalam Pilkada Bupati/ Walikota dan Gubernur dengan melakukan basis deteksi dini pengamanan di tingkat kecil yaitu di tingkat desa itu sendiri,” katanya, usai Apel 3 Pilar.

Ahmad Luthfi berharap, semua desa bisa mengamankan kegiatan Pilkada agar aman hingga tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga tingkat Provinsi.

“Kita bergerak bersama-sama dalam rangka menciptakan rasa aman pada gelaran Pilkada yang akan datang,” ujar kapolda.

Sementara itu, Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto, menyampaikan, apel 3 pilar diikuti unsur TNI, Polri dan Pemda yang menunjukkan kedekatan antar aparat negara baik secara emosional, tetapi juga mengukuhkan persatuan dan kesatuan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, apel 3 pilar ini juga untuk menjalin sinergitas dalam menyambut dan mewujudkan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati supaya dapat berjalan dengan aman, damai dan kondusif.

Dia mengajak kepada TNI, Polri, Pemda serta seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, dan Pemilihan Bupati atau Pemilihan Walikota.

“Marilah kita jaga persatuan dan kesatuan, hindari tindakan yang dapat menimbulkan provokasi, fitnah dan ujaran kebencian karena dapat mengganggu kelancaran Pilkada tersebut,” ajak Sepyo.

Sepyo menegaskan, bahwa netralitas merupakan salah satu prinsip utama bagi setiap anggota tiga pilar. Di mana Pemda, TNI, dan Polri guna menjaga stabilitas dan keamanan selama proses pilkada berlangsung.

“Kami berharap 3 pilar ini dijaga betul, sehingga kita bisa bekerja secara profesional, berintegritas, mampu bertindak cepat dan tepat. Kami juga berharap, semua pihak mendukung dan mengawal tahapan Pemilu 2024 dengan benar, sehingga tercipta keamanan, ketertiban, dan kondusifitas di wilayah,” harap Sepyo.

sumber : Rmoljateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono