Humbahas – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Humbang Hasundutan (Humbahas) lantik 30 orang Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Se-Kabupaten Humbahas. Kali ini, pelantikan Panwaslu menggunakan busana kearifan lokal batak toba, bertempat di Martin Anugrah Hotel, Doloksanggul, Sabtu (25/5).

Ketua Bawaslu Humbahas, Henri W Pasaribu didampingi anggota Eduard Bert Sianturi dan Efrida Purba pada kesempatan itu mengatakan, bahwa Panwaslu Kecamatan merupakan ujung tombak pengawasan di tingkat kecamatan. Dengan terlantiknya Panwaslu Kecamatan, secara resmi sudah diperhadapkan dengan tugas-tugas yang harus dipikul bersama.

Dalam pengawasan tahapan dan jadwal Pilkada serentak, lanjut Henri, Panwaslu Kecamatan perlu memahami regulasi serta peraturan yang berlaku. Jalin kolektif kolegial dan sinergitas secara internal dan eksternal. “Pakta integritas yang disebutkan dalam pelantikan harus dipegang teguh. Jaga dan kawal hak pilih masyarakat di wilayah kerja masing-masing. Berkenan dengan aturan yang berlaku, jangan pernah takut untuk menindak pelanggaran,” ujarnya.

Henri menambahkan, dalam pengawasan tahapan dan jadwal, Panwaslu Kecamatan agar tetap lakukan pencegahan, sosialisasi dan edukasi. “Jalin koordinasi yang baik dengan semua stakeholder. Penyelenggara pengawas Pemilu tidak bisa berdiri sendiri. Tanpa sinergitas dengan stakeholder, kita tidak ada apanya. Sebab masyarakat adalah mata dan telinga kita melalui pengawasan partisipatif,” tukasnya.

Ketua KPUD Kabupaten Humbahas, Maena Cibro justru berharap Panwaslu Kecamatan dapat berkontribusi menjaga dan mengawasi Pemilu sehingga tercipta pemilihan yang bersih jujur dan berintegritas sesuai amanah undang-undang.

Maena mengakui, penyelenggaraan Pemilu 2024 di Humbahas berjalan dengan baik. Artinya dalam penyelenggaraan Pemilu tersebut tidak ada pelanggaran atau gejolak yang menonjol. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik dari Bawaslu secara berjenjang,” terangnya.

Dengan dilantiknya Panwaslu Kecamatan, Maena mengimbau Panwascam berkoordinasi dan menjalin kerjasama yang baik dengan PPK di daerah itu. “Tahapan Pemilihan sudah berjalan, silahkan berkontribusi untuk kelancaran, kesuksesan, kesejukan penyelenggaraan Pilkada serentak sesuai asas Pemilu,” pungkasnya.

Bupati Humbahas diwakili Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Ferry Joy Sitorus meminta Panwaslu Kecamatan dapat menjalin sinergitas, netralitas dan menerapkan aturan dengan sebaik-baiknya. Panwaslu Kecamatan diharapkan bekerja profesional dan proaktif, responsif dan sensitifitas yang tinggi.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Polda Sumut, Sumatra Utara, Poldasu