Kalteng – Ditlantas Polda Kalteng menggelar Dialog Interaktif bersama Warta Bicara yang dilaksanakan di Hotel Fovere Palangka Raya, Senin (25/03/2024) pagi.

Dalam dialog hadir sebagai Narasumber Dirlantas Polda Kalteng diwakili oleh Kasubditkamsel AKBP Wara Budi Hastuti, S.H. Kepala BPJN Kalteng Soendiarto, S.T., M.T. Kadishub Prov. Kalteng Yulindra Dedy, S.STP., M.Si. Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalteng Imam Raharja Yusuf Mulia, S.E.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol R.S. Handoyo, S.I.K., M.Si melalui Kasubditkamsel AKBP Wara Budi Hastuti, S.H menyampaikan terkait persiapan Pengamanan lebaran ini pihaknya sudah melaksanakan rapat kordinasi bersama instansi terkait, juga nantinya akan dilaksanakan Operasi Ketupat Telabang selama 13 hari.

“Dalam operasi ketupat nantinya akan ada opsi rekayasa lalulintas sesuai petunjuk mabes polri yang ini sedang menjadi prioritas sasaran kita minimal arus mudik maupun arus balik dapat berjalan dengan lancar” ungkap Wara

Adapun Operasi tersebut melibatkan 1.856 yang terdiri dari 855 Polri, 941 instansi terkait (TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes) selebihnya ada Ormas dan Pramuka, menggelar 51 Pos yang terdiri dari 25 pos pengamanan, 17 pelayanan dan 9 pos terpadu, pada jalur rawan kecelakaan, kemacetan, jalur mudik dan balik, rawan kriminalitas, keramaian, wisata, pusat perbelanjaan dan rawan kamtibmas lainnya.

Selain itu dalam operasi ketupat ini pihaknya mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dengan tujuan untuk menjamin keamanan masyarakat dalam menjalankan Ibadah Puasa dan merayakan Hari Raya Idul Fitri1445 Hijriah, serta menurunkan angka kriminalitas dan mewujudkan Kamseltibcarlantas.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang hendak melaksanakan mudik agar selalu patuhi aturan berlalu lintas dan mengecek kesiapan kendaraan, mengecek kesehatan tubuh saat dalam keadaan mudik dan jika kendaraan terdapat kendala dapat berhenti pada pos pelayanan dan pos terpadu yang sudah kami sediakan,” tutupnya

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, AKBP Bronto Budiyono