SEMARANG – Perbaikkan Jalan Brigjend Sudiarto, Kota Semarang, berupa pengerjaan betonisasi sudah mulai dijalankan sejak akhir Mei 2024. Perbaikan infrastruktur jalan di Kota Semarang itu pun berdampak pada arus lalu lintas dalam beberapa pekan ke depan.

Pantauan Solopos.com di lokasi, beberapa alat berat sudah diterjunkan untuk pemerataan jalan. Akibatnya, arus lalu lintas menuju ke arah kota sedikit terganggu lantaran penyempitan jalur.

Bahkan sebelum memasuki Jalan Brigjen Sudiarto sudah ada spanduk berupa imbauan yang bertuliskan “Mohon maaf lalu lintas pengguna Jalan Sudiarto mulai akhir Mei 2024 akan dilaksanakan betonisasi pada titik Pertigaan Suriadi dan Depan Pasar Gayamsari”.

Sekertaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah (Jateng), Sumarno, mengatakan perbaikkan dan pengecoran Jalan Brigjen Sudiarto di Kota Semarang diperkirakan memakan waktu sekitar satu bulan.

“Umur beton 21 hari, sedangkan proses pengerjaan 10 hari. Perkiraan segitu [waktu pengerjaan]. Fokus utama perbaikkan jalan dari Brigjend Sudiarto ke arah Mranggen,” ucap Sumarno saat ditemui di Kantor BPS Jateng, Senin (3/6/24).

Sumarno mengaku adanya perbaikkan jalan mengganggu arus lalu lintas. Dia mengimbau para pekerja untuk berangkat lebih awal agar terhindar dari kemacetan.

Selain itu?, dirinya juga meminta pengguna jalan mencari jalur alternatif. Sumarno menyebut banyak jalur alternatif yang bisa dipilih dari timur menuju kota.

“Dari arah timur itu banyak [jalur alternatifnya] bisa lewat Kedungmundu atau Jalan Soekarno-Hatta. Jadi Selain berangkat lebih awal, para pekerja juga bisa cari-cari jalur alternatif,” jelasnya.

Sebelumnya pada tahun 2023 silam, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunarti Rahayu, mengeluhkan jalan bergelombang di ruas Jalan Brigjend Sudiarto. Keluhan itu kemudian mendapat respons dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, yang menganggarkan dana Rp20 milliar untuk perbaikkan.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono