Klaten – Polres Klaten mengamankan S (55), warga Dusun Wonorejo, Desa Bulusan, Kecamatan Karangdowo, Klaten terkait penemuan jenazah Harto (78) di selokan. S selama ini dikenal warga sebagai buruh tani serabutan.
“Kerjanya ya buruh. Jadi orangnya asal disuruh ke sawah nyorok, atau matun (menyiangi) ya mau,” ungkap Darmi (62) tetangga sebelah rumah S, Minggu (3/3/2024).

Darmi menuturkan S selama ini tinggal sendiri di rumahnya. Hubungan S dengan korban diketahui hanya sebatas tetangga.

“Ya hanya tetangga tapi beda RT. Pak Harto tinggal juga sendiri, istrinya sudah meninggal,” ungkap Darmi.

Terpisah, Ketua RT 9, Wiyoto mengatakan korban tinggal berbeda RT di dekat balai desa. Jarak rumah korban dengan rumah S sekitar 200 meter ke timur.

“Dari sini sekitar 200 meter. Ya (Harto dan S) hanya tetangga tapi beda RT,” kata Witoyo kepada detikJateng.

Menurut Wiyoto, S selama ini tinggal sendiri karena belum menikah. S bekerja sebagai buruh tani biasa.

“Ya buruh tani (S) tapi Pak Harto memang punya sawah. Hubungan keduanya ya biasa karena tetangga tapi S memang agak tidak 100 persen gitu, di masyarakat biasa dan kalau disuruh ya mau,” lanjut Wiyoto.

Sebelumnya diberitakan, Polres Klaten mengamankan seorang warga Dusun Wonorejo, Desa Bulusan, Kecamatan Karangdowo, Klaten terkait meninggalnya Harto (78) di selokan. Pria berinisial S (55) yang diamankan itu merupakan tetangga beda RT dengan korban.

“Yang diamankan sementara kita masih mendalami, ya kita mengamankan terduga. Apakah nanti ada unsur pidana itu nanti dari hasil autopsi apakah ada benturan, kita juga masih menunggu hasil laboratorium forensik,” ungkap Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Yulianus Dica Ariseno Adi, Minggu (3/3) siang.

Dijelaskan Yulianus Dica Ariseno, yang diamankan sementara satu orang. Polres juga akan memanggil saksi dari keluarga korban.

Harto ditemukan sekitar pukul 06.30 WIB oleh warga dalam kondisi terlentang di selokan. Polisi yang melakukan olah TKP menemukan ceceran darah di jalan dan halaman rumah S.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono