SEMARANG – Aksi tawuran di sejumlah wilayah Kota Semarang berhasil digagalkan pihak kepolisian, Minggu (28/4/2024) dini hari. Puluhan remaja dan barang bukti senjata tajam diamankan polisi.

Kasat Samapta Polrestabes Semarang, AKBP Tri Wisnugroho mengatakan, total ada tiga lokasi rencana tawuran yang berhasil dicegah. Dari ketiga lokasi itu, kepolisian melakukan penindakan dan berhasil mengamankan 29 remaja.

Barang bukti senjata tajam antara lain 5 celurit, 1 pisau, 5 parang, dan 1 gergaji juga disita. Ia menerangkan, penanganan ini adalah tindaklanjut dari laporan masyarakat di Aplikasi Libas.

Lokasi pertama, terjadi di Jalan Tengiri, Bandarharjo, Semarang Utara pada pukul 01.00 WIB. Dari lokasi itu, dua remaja diamankan beserta senjata tajam.

“Di situ warga juga membantu penangkapan, karena pelaku juga sempat melukai kaki salah satu warga,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Di lokasi kedua, terjadi di Jalan Simongan, Semarang Barat sekitar pukul 02.00 WIB. Di sana para pemuda yang hendak tawuran menamai Gengster Misterius Barat.

“Awalnya 11 orang dan diamankan 8 orang yang 3 orang lari masuk ke sungai. Barang bukti yakni 3 celurit, 2 parang dan 1 gergaji,” paparnya.

Untuk lokasi ketiga, dirinya menyebut mengamankan 19 orang. Mereka menamai kelompoknua Petek Allstar Gangster. Belasan remaja ini diamankan di Jalan Petek, Semarang Utara sekitar pukul 03.00 WIB.

“Di lokasi ketiga selain 19 orang juga diamankan 3 buah parang atau pedang,” katanya.

Dirinya menambahkan, bahwa rata-rata para pelaku itu masih di bawah umur dan masih duduk di bangku sekolah. Hanya beberapa yang sudah lulus sekolah.

“Mayoritas di bawah umur, ada yang SMP, yang lulus sekolah beberapa saja,” tambahnya.

Setelah diamankan, 29 remaja tersebut dibawa ke Pos Samapta Simpanglima Semarang dan dilakukan pembinaan. Saat ini, para pelaku diserahkan ke Satreskrim Polrestabes Semarang untuk pendalaman lebih lanjut.

sumber: halosemarang

 

Polrestabes Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kota Semarang, Pemkot Semarang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng