Solo – Maurito Aldo Laksono (23), seorang calon dokter di Semarang harus berurusan dengan polisi. Pasalnya, ia nekat mencuri mobil Fortuner milik teman koas-nya hanya gegara iseng.

Insiden itu terjadi pada Rabu (29/5). Korban berinisial MJ (23) terkejut mendapati mobil yang diparkir di Jalan dr Cipto hilang. Namun kuncinya masih ada di lokasi. Diketahui, keduanya tengah menempuh koas di RS Panti Wilasa dr Cipto Semarang.

Maurito pun ditangkap pada Jumat (31/5) di kosannya di daerah Senjoyo, Semarang Timur. Ia mengaku menukar kunci korban di loker dengan kunci yang dibawanya.

“Kuncinya (palsu) sudah ada di tas saya, saya tukar,” ujar pelaku saat jumpa pers, Senin (3/6/2024).

Keterangan Maurito dibenarkan Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, Kompol Andika Dharma Sena. “Kunci ditaruh di loker, dan tersangka sudah persiapkan dengan membeli kunci Fortuner lain,” kata dia.

Saat ditanya kenapa alasannya nekat mencuri Fortuner tersebut, Maurito menjawab ia hanya iseng. Ia juga mengaku tidak berniat menjual.

“Iseng pak, tidak mau dijual,” kata Maurito saat dihadirkan di jumpa pers di Pos Libas Simpang Lima Semarang, Senin (3/6/2024).

Si dokter muda ini kemudian mengungkapkan, ia pernah menjadi korban keisengan teman-temannya. Saat itu, mobilnya juga pernah disembunyikan.

Karena itu, ia berusaha membalas dengan mengatakan dia sudah mempunyai rencana mengembalikan Fortuner itu pagi.

“Mobil sama motor saya dulu sering diumpetin. Rencana paginya mau kembalikan. Tapi takut, pak,” ujarnya.

Meski beralasan iseng, kini mahasiswa kedokteran itu terancam Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.

“Katanya iseng. Perlu kita dalami lagi. Apakah ada permasalahan yang lain,” tegas Kompol Andika.

sumber : detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono