KENDAL – Puluhan rumah warga di Dusun Carangsari dan Dusun Kemiri, Desa Sumberagung, Kecamatan Weleri, Kendal dikabarkan porak poranda akibat diterjang angin puting beliung, Sabtu (9/3/2024), sekira pukul 16.00 WIB.

Akibat puting beliung, membuat rumah-rumah warga mengalami kerusakan ringan dan sedang. Terutama pada bagian genting juga langit-langit rumah. Bahkan puting beliung membuat beberapa pohon tumbang.

Camat Weleri, Dwi Suryo Cahyono saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Dijelaskan, akibat puting beliung di Desa Sumberagung sedikitnya 42 rumah yang terdampak dengan tingkat kerusakan sedang dan parah.

“Iya benar terjadi puting beliung di dua dusun di Desa Sumberagung. Dari laporan sementara ada 14 rumah yang rusak ringan dan rusak sedang di Dusun Carangsari. Kemudian 28 rumah di Dusun Kemiri. Ini sedang kita data,” ujarnya kepada halosemarang.id.

Dwi membeberkan, dari laporan sementara, untuk di Dusun Carangsari kerusakan ringan seperti genting yang jatuh dan berterbangan ada 10 rumah. Kemudian genting rusak ada 2 rumah, dan yang rusak sedang ada dua rumah. Sedangkan di Dusun Kemiri kerusakan sedang ada 8 rumah dan kerusakan ringan ada 20 rumah.

“Yang rusak sedang berdasarkan laporan itu rumah warga di Dusun Carangsari bernama Ibu Sutarmi, depan rumahnya dan tiang-tiangnya roboh semua, dan rumah Bapak Wahyu atau Yoyok itu atapnya sampai hilang. Kemudian di Dusun Kemiri yang rusak sedang rumah Bapak Nur Azis genteng dan belakang rumah ambrol,” bebernya.

Saat ini, pihak Kecamatan Weleri terus memantau perkembangan, dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Selain itu menurutnya warga bergotong-royong membantu perbaikan rumah yang terdampak.

“Tidak ada korban dalam kejadian puting beliung di Desa Sumberagung. Dan warga melakukan bergotong-royong membantu perbaikan rumah-rumah yang terdampak. Kondisi sudah kondusif,” pungkas Dwi.

 

Polres Batang, Kapolres Batang, AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo, Pemkab Batang, Kabupaten Batang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama