SEMARANG – Polda Jawa Tengah menyoroti kemacetan lalu lintas di kawasan wisata Dieng, Banjarnegara, saat libur Natal dan Tahun Baru lalu.

Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Polisi Sonny Irawan mengatakan, jaringan jalan di Dieng tidak sesuai sebagai tujuan wisata.

Kelas jalan di jalur tersebut dinilai tidak sesuai dengan volume kendaraan yang masuk sehingga memicu kemacetan.

“Ini menjadi persoalan yang perlu ada kajian akademis,” ungkap Sonny saat konferensi pers hasil Operasi Lilin Candi 2023 di ruang Humas Polda Jateng, Kota Semarang, Kamis (4/1/2024).

Menurut Sonny, perlu solusi jangka pendek, menengah, dan panjang untuk mencegah kemacetan di Dieng terulang.

Solusi jangka pendek berupa pengaturan-pengaturan lalu lintas, semisal jam waktu kendaraan, rekayasa arus lalu lintas, dan penegakan aturan lalu lintas.

“Namun, solusi jangka pendek ini tak menyelesaikan masalah,” ujarnya.

Baca juga: Dieng Macet, Ini Jalur Alternatif via Sikarim Wonosobo, Aduhai View-nya

Oleh karena itu, ia menyebut, butuh penyelesaian masalah dengan eksekusi rencana jangka menengah dan panjang berupa mempersiapkan jaringan jalan di jalur tersebut.

“Kondisi jalan itu harus dipertimbangkan sebagai daerah wisata yang memberi masukan pendapatan asli daerah. Jika sepanjang jaringan jalan itu tak diperbaiki maka akan terjadi hal yang sama (kemacetan),” terangnya.

Selain kemacetan di Dieng, Polda Jateng juga menyoroti persoalan truk sumbu tiga.

Persoalan ini, menurut Sonny, merupakan “penyakit menahun” yang acapkali terjadi selama arus mudik maupun saat libur panjang.

“Iya, kami sudah belanja masalah di lapangan selama operasi Lilin Candi 2023, persoalan itu nanti kami bawa ke rapat analisa dan evaluasi (Anev) di tingkat pusat,” ujar Sonny.

Terkait truk sumbu tiga, Sonny mengatakan, persoalan tersebut merupakan masalah nasional sehingga penyelesainnya tak bisa hanya melibatkan jajaran Polda Jateng.

Terlebih, sopir truk sumbu tiga jumlahnya juga tak sedikit sehingga akan menyangkut dengan sumber kehidupan mereka.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng