PALANGKA RAYA – Polda Kalteng dibawah kepemimpinan Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto semakin intens dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di wilayah hukumnya.

Dalam rangka mendukung fungsi Kedokteran Kepolisian (Dokpol), Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya menggelar Pemeriksaan atau Deteksi Dini Narkoba secara berkala kepada anggota Polri wilayah Polda Kalimantan Tengah, Kamis (30/5/2024) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan secara mendadak tersebut, dilakukan dengan sasaran mendatangi Markas Komando (Mako) Ditsamapta Polda Kalteng dengan target sasaran sebanyak 100 anggota Polri.

Kepala Urusan Kedokteran Kepolisian (Kauryandokpol) Rumkit Bhayangkara Iptu dr. Rizka Damayanti mewakili Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Kompol dr. Anton Sudarto mengatakan kegiatan ini dalam rangka optimalisasi fungsi Dokpol Rumkit Bhayangkara dalam menyelenggarakan kegiatan pelayanan kedokteran kepolisian yang salah satu melalui Deteksi Dini Narkoba.

“Dengan tes urine secara berkala, diharapkan dapat meminimalisir potensi penyalahgunaan narkoba di kalangan anggota Polri,” katanya.

Dalam hal ini, tercatat sebanyak 97 anggota Bintara Remaja (Binrem) Polda Kalteng yang mengikuti pengambilan sampel urine oleh para Petugas Dokpol.

“Alhamdulillah semua anggota yang diambil urinenya untuk dilakukan tes hari ini dinyatakan tidak menunjukkan tanda-tanda mengonsumsi narkoba alias negatif. Polda Kalteng terus berkomitmen penuh untuk memerangi peredaran barang haram ini,” tegas dr. Rizka.

Sementara itu, Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji, S.IK., M.Si. menambahkan bahwa kegiatan yang digelar tersebut merupakan wujud komitmen Polda Kalteng untuk terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan deteksi dini akan bahaya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh anggota.

Ia menambahkan, operasi ini juga menunjukkan komitmen Polri untuk menjaga citra dan martabat institusi.

“Personel Polri yang bersih dari narkoba akan lebih profesional dalam menjalankan tugasnya dan mampu menjadi teladan bagi masyarakat,” pungkasnya.

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, AKBP Bronto Budiyono