Polres Barsel – Curah hujan yang cukup tinggi beberapa minggu belakangan serta air kiriman dari hulu mengakibatkan banjir di sebagian kecil wilayah Barito Selatan (Barsel) terutama daerah pinggiran DAS (Daerah Aliran Sungai) Barito.

Tidak ingin lengah dengan hal tersebut, Kapolsek Dusun Utara (Dusut), Polres Barsel AKP Agus Setyono bersama personel Polsek dan pihak kecamatan setempat melaksanakan patroli sebagai langkah untuk mengatisipasi banjir, Kamis (18/1/2024) pagi.

Kapolsek mengatakan, hari ini pihaknya bersama camat, lurah dan stafnya turun kelapangan melakukan pemantauan debit air di daerah pemukiman warga di Kelurahan Pendang.

“Di beberapa tempat, ketinggian air yang merendam jalan saat ini hingga mencapai lutut orang dewasa. Dan kemungkinan menurut informasi air masih mengalami kenaikan,” terang Kapolsek.

Untuk penyebabnya, Kapolsek menambahkan bahwa banjir merupakan kiriman dari hulu DAS Barito sehingga mengakibatkan Sungai Barito meluap.

Pihaknya pun mengimbau kepada warga agar selalu berhati-hati serta mengingatkan anak-anaknya untuk tidak bermain air di daerah yang dalam dan berarus deras.

“Serta kita juga imbau agar sedini mungkin mengevakuasi sanak keluarga ataupun barang-barang berharga dan mengutamakan keselamatan,” tandas Kapolsek. (bow)

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng