Polresta Palangka Raya  – Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu Kelurahan Tumbang Tahai, Aipda Mahardika kembali bergerak untuk meninjau perkembangan luapan Daerah Aliran Sungai (DAS) Rungan yang berdampak pada wilayah hukumnya.

Bhabinkamtibmas jajaran Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng tersebut melakukan peninjuan bersama Lurah dan Ketua RT pada kawasan Jalan Ramses Ujung, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (11/3/2024) pagi.

“Pada hari ini saya bersama Bapak Lurah dan Ketua RT setempat akan meninjau lokasi terdampak luapan DAS Rungan di kawasan Jalan Ramses Ujung, guna mengetahui bagaimana kondisi dan situasi terkininya,” tutur Aipda Mahardika.

Melakukan peninjauan mulai pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB, Aipda Mahardika pun mengungkapkan bahwa ketinggian luapan DAS Rungan yang menggenangi badan jalan di kawasan tersebut mencapai ketinggian 50 cm hingga 1 meter.

“Luapan DAS Rungan ini diketahui mengakibatkan jalan induk sepanjang 50 meter terendam air sehingga tidak dapat dilalui menggunakan akses darat, serta berdampak juga terhadap 27 rumah milik warga setempat yang saat ini telah terendam,” jelasnya.

Setelah melakukan peninjauan, Mahardika pun menyempatkan diri untuk menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga setempat khususnya terkait menjaga keselamatan di tengah kondisi meluapnya debit air DAS Rungan saat itu.

“Selalu waspada dan berhati-hati saat beraktivitas pada kawasan DAS Rungan mengingat saat ini sedang terjadinya peningkatan ketinggian debit air, agar kita semua dijauhkan dari terjadinya peristiwa orang tenggelam,” imbaunya.

“Sedangkan kepada warga yang bermukim pada kawasan ini, selalu ingat untuk mengamankan barang-barang elektronik dan arus listrik guna menghindari terjadi konsleting, kebakaran maupun hal-hal membahayakan jiwa lainnya,” pungkasnya. (pm)

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, AKBP Bronto Budiyono