BANYUWANGI – Pertemuan perwakilan berbagai negara di ajang World Water Forum (WWF) di Bali pada 18-25 Mei 2024, juga berdampak pada mobilitas manusia di Banyuwangi. Polri juga sudah menyiapkan 596 personel untuk membantu pengamanan di Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan Kabaharkam Polri, Komjen Pol M Fadil Imran saat memantau kondisi di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jumat (10/5/2023).

Fadil meninjau pelabuhan bersama para pejabat Polri. Ia turut didampingi oleh para pejabat Polda Jatim dan Polresta Banyuwangi.

Menurut Fadil, kepolisian telah membentuk Satuan Tugas wilayah (Satgaswil) Jatim untuk membantu pengamanan WWF dari Jatim, khususnya dari Banyuwangi.

Salah satu hal yang menjadi perhatian khusus, yakni hilir-mudik penumpang dari Jawa menuju Bali via Pelabuhan Ketapang. Menjelang WWF, pintu masuk pelabuhan akan diperketat dengan penjagaan dari aparat.

“Kami ingin memastikan dengan mengecek kesiapan pengamanan akses masuk ke Bali melalui Pelabuhan Ketapang,” kata Fadil.

Fadil turut menilik akses pintu masuk pelabuhan, baik dari akses perjalan kaki, kendaraan roda dua, hingga kendaraan roda empat dan besar.

Jenderal bintang tiga itu juga mengecek kondisi di dalam pelabuhan. Termasuk ruang pemantauan yang berisi layar hasil CCTV yang terpasang di beberapa titik vital pelabuhan.

Dalam pemantauan itu, Fadil turut memberi masukan untuk peningkatan pengamanan. Masukan itu antara lain, pengaturan calon penumpang agar setiap orang yang masuk ke pelabuhan terekam CCTV.

“Kami melaksanakan peninjuan menyeluruh dengan memeriksa infrastruktur keamanan serta menyusun langkah pengamanan yang diperlukan,”

Polri melaksanakan peninjauan menyeluruh dengan Polri telah melaksanakan peninjauan menyeluruh dengan memeriksa infrastruktur keamanan di pelabuhan serta menyusun langkah-langkah pengamanan yang diperlukan,” ujar Fadil.

sumber: Surya.co.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Polda Jatim, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi