Temanggung – Bencana alam angin puting beliung melanda 3 kecamatan di Kabupaten Temanggung.

Jumlah rumah mengalami kerusakan akibat bencana alam itu, dan tidak ada korban jiwa namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 67 juta.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi Wuryanto mengatakan kecamatan yang dilanda angin puting beliung yakni Temanggung Kaloran dan Bulu.

“Puting beliung terjadi pada Sabtu sekitar pukul 15.30 Wib. Minggu ini warga petugas melakukan pembersihan dan pembetulan bangunan rusak akibat puting beliung,” kata Toifur Hadi Wuryanto, Minggu (10/3).

Dia mengatakan hujan intensitas tinggi disertai angin di wilayah Kabupaten Temanggung mengakibatkan rumah rusak dan pohon tumbang di beberapa titik.

Di Kecamatan Temanggung, kata dia kencana angin puting beliung itu terjadi di Desa Joho, berupa pohon tumbang di Jalan perintis kemerdekaan. Kelurahan Jurang pohon tumbang menimpa rumah di lingkungan paramedis RT 03 RW 06 Kelurahan Jurang Kecamatan Temanggung.

Di Kelurahan Sidorejo, ujarnya pohon tumbang menimpa rumah di Dusun Maliyan RT 03 RW 02 kelurahan Sidorejo Kecamatan Temanggung, sedangkan di Kelurahan Manding
angin ribut merusak atap ukuran 6 x 5 meter di Pondok Zaid bin Tsabit Lingkungan Karangsari Kelurahan Manding Kecamatan Temanggung.

“Kerusakan di pondok pesantren ini ditaksir kerugiannya mencapai Rp.2.500.000,” kata dia.

Dia mengatakan di Kecamatan Bulu kerusakan di Desa Ngimbrang yang mengakibatkan rumah rusak pada bagian atap milik, Sarmini (65) di Dusun Jetis RT 03 RW 01 Desa Ngimbrang Kecamatan Bulu, Taksiran kerusakan Rp.3.000.000. Rumah Siswondo Dusun Karanglor RT 02 RW 02. Di Desa Malangsari angin ribut di Dusun Reban Desa Malangsari yang mengakibatkan pohon tumbang di jalan raya.

Sedangkan di Desa Danupayan angin ribut merusak bangunan gedung TPQ dusun Pare RT 02 RW 04 Desa Danupayan yang berukuran 4 x 12m dengan taksiran kerusakan Rp. 50.000.000. Di Desa Pengilon angin ribut merusak satu rumah di Dusun Mlaran RT 01 RW 01 Desa Pengilon Kecamatan Bulu ukuran 12.5 x 10.5 meter taksiran kerusakan Rp. 12.000.000.

Thoyfur hadi mengatakan di Kecamatan Kaloran angin kencang mengakibatkan pohon tumbang dan akses jalan Kaloran Kandangan Desa Tepusen Kecamatan Kaloran terganggu.

Dia meminta kepada warga yang berada di daerah rawan angin puting beliung untuk waspada. Jika potensi terjadi angin puting beliung untuk berlindung, serta melaporkan BPBD atau desa setempat.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono