Semarang, Jawa Tengah – Untuk persiapan aksi unjuk rasa Hari Buruh Internasional 1 Mei 2024, Polrestabes Semarang akan mengerahkan kurang lebih 1300 personel untuk menjamin keamanan dan keselamatan peserta serta masyarakat.Selasa, (30/4/2024).

Sebanyak empat demonstrasi dijadwalkan akan berlangsung, dengan serikat pekerja dan organisasi berbeda berpartisipasi dalam setiap demonstrasi. Demonstrasi pertama yang diselenggarakan oleh Serikat Pekerja DPD FKSPN Kota Semarang ini akan diikuti sekitar 1.000 peserta yang berkumpul di berbagai titik kota, antara lain Kawasan Industri Wijaya Kusuma, Kantor Pos Johar, PT. Sai Apparel Penggaron, dan kawasan Simongan/Gedungbatu.

Demo kedua yang diselenggarakan oleh Serikat Pekerja DPP FSPIP Konfederasi KASBI ini akan berlangsung pada pukul 09.00 WIB dengan peserta kurang lebih 500 orang berkumpul di Jl. Ronggowarsito Semarang.

Aksi demonstrasi ketiga yang diselenggarakan oleh Serikat Pekerja DPW FSPMI Provinsi ini akan berlangsung pada pukul 12.30 WIB dengan peserta sekitar 500 orang berkumpul di berbagai lokasi antara lain di Kantor DPP Provinsi APINDO, Kantor Gubernur Provinsi, Kantor DPRD Provinsi, dan di depan Gedung DPRD Provinsi. Taman Lele Semarang.

Demo terakhir yang diselenggarakan oleh Serikat Pekerja KASBI dan Aliansi Masyarakat Sipil Jawa Tengah ini akan berlangsung pada pukul 15.00 WIB dengan peserta sekitar 500 orang berkumpul di depan Kantor Pos Johar.

Kasihumas Polrestabes Semarang Kompol Agung menyampaikan memastikan bahwa pihaknya siap menjamin keamanan dan keselamatan seluruh peserta dan masyarakat, serta menghimbau semua orang untuk tetap bersikap damai dan saling menghormati selama demonstrasi berlangsung.

“Kami berkomitmen untuk menjaga ketertiban dan mencegah potensi gangguan selama demonstrasi. Kami menghimbau seluruh peserta untuk mengikuti aturan dan ketentuan yang ditetapkan polisi dan menghormati hak orang lain,” kata juru bicara Polrestabes Semarang.

Demonstrasi Hari Buruh Internasional diperkirakan akan menjadi peristiwa penting di Kota Semarang, dengan ribuan pekerja dan anggota serikat buruh berkumpul untuk memperingati hari tersebut dan melakukan orasi untuk menyampaikan hak-hak mereka.

 

Polrestabes Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kota Semarang, Pemkot Semarang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng